London (ANTARA News) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tetap memasukkan nama empat pemain Rusia dalam daftar peserta Olimpiade Rio de Janeiro 2016, sambil menunggu validasi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

IOC telah memberi wewenang kepada tiap-tiap federasi cabang olahraga untuk menetapkan atlet-atlet Rusia yang boleh ikut Olimpide.

IOC sendiri tidak mau membuat keputusan melarang semua atlet Rusia ke Olimpiade, terkait skandal doping yang didukung oleh pemerintah negara Beruang Merah itu.

BWF pada Selasa lalu sudah melakukan undian pembagian grup bagi pemain peserta Olimpiade 2016, termasuk Vladimir Malkov dan Natalia Perminova di tunggal putra dan putri, serta ganda putra Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov.

"Kami punya program tes doping yang ketat, khususnya menjelang Olimpiade Rio 2016. Empat atlet Rusia itu telah dites di luar kompetisi, dan sampelnya pun dianalisis di luar Rusia," kata Sekjen BWF Thomas Lund.

"Kami yakin informasi yang sampaikan kepada mereka sesuai kriteria untuk pertandingan bulu tangkis pada Olimpiade Rio 2016, tapi ini tergantung validiasi dari IOC," kata Lund.

Pertandingan bulu tangkis Olimpiade akan berlangsung di 11-20 Agustus 2016, demikian laporan Reuters.

(Uu.T004)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016