Jakarta (ANTARA News) - Ajang pameran otomotif akbar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bakal segera digelar di ICE Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada 11-21 Agustus 2016.

Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2016, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan tak kurang dari 33 mobil baru dan mobil konsep dari berbagai ATPM dan agen pemegang merek bakal meramaikan ajang itu.

"Kami mencatat ada 33 mobil anyar yang dipamerkan, termasuk di dalamnya mobil konsep, bahkan ada juga yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia atau world premier," kata Rizwan, dalam konferensi pers pamungkas jelang GIIAS di Jakarta, Kamis.

Rizwan tak menyebutkan secara rinci apa saja mobil baru yang bakal diperkenalkan, namun beberapa pabrikan termasuk trio Jepang Toyota, Daihatsu dan Mitsubishi akan menggelar world premier untuk tiga unit mobil. 

Toyota dan Daihatsu akan memperkenalkan Calya dan Sigra, mobil murah ramah lingkungan (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang, sementara Mitsubishi memperkenalkan Small Crossover MPV yang bakal diproduksi di pabrik baru mereka di Cikarang mulai April 2017 mendatang.

Kehadiran mobil-mobil baru tersebut mencerminkan upaya GIIAS 2016 untuk menjadi pameran otomotif dengan standar internasional yang dapat menunjukkan potensi industri otomotif Indonesia.

"Melalui GIIAS 2016 kami mengajak peserta pameran untuk memamerkan produk dan teknologi terbaru serta menyediakan fasilitas pendukung dan rangkaian acara menarik yang dapat memuaskan pengunjung GIIAS 2016. Hal ini kami lakukan untuk memberikan pengalaman pameran otomotif terbaik bagi para pengunjung," kata Rizwan.

GIIAS 2016 diikuti tak kurang dari 361 pemamer, yang 31 di antaranya ATPM/APM dan menambah luasan pameran sebesar 5.000 meter persegi menjadi 96.577 meter persegi.

GIIAS 2016 menjadi satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang mendapat dukungan dari Organisasi Industri Kendaraan Bermotor Dunia (OICA) sekaligus menempatkan diri sebagai salah satu rangkaian pameran otomotif kelas dunia, setara dengan pameran kelas dunia lain seperti Tokyo Motor Show dan Frankfurt Motor Show.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016