Jakarta (ANTARA News) - Lima kota di Indonesia akan jadi lokasi acara The Amazing Race Asia musim kelima yang akan tayang Oktober mendatang.

"Dari 10 episode, lima episode lainnya ada di kota kita," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, lima episode sisanya berlokasi di lima negara Asia lain. The Amazing Race Asia musim ke-5 akan ditayangkan di saluran televisi berbayar AXN.

Menteri Arief menambahkan, acara ini juga akan ditayangkan di saluran televisi free to air untuk menjangkau semakin banyak penonton Indonesia.

"Karena yang menonton televisi berbayar di Indonesia persentasenya hanya sedikit," kata Arief, menambahkan media value promosi Indonesia di acara ini senilai 24 juta dolar AS.

Kementerian Pariwisata menjadi sponsor dari acara The Amazing Race Asia musim terbaru ini di mana para peserta melakukan perjalanan ke berbagai negara dalam waktu singkat sambil menyelesaikan tantangan fisik dan mental.

Tim yang berhasil menyelesaikan misi bisa pindah ke lokasi berikutnya, sementara yang selesai paling akhir akan tereliminasi. Pemenang mendapat hadiah uang sebesar 100.000 dolar AS.

Pada musim ini, Indonesia diwakili oleh dua tim, sepasang sahabat masa kecil Louisa dan Treasuri serta pemandu acara pariwisata Rach dan Vicky.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016