Jakarta (ANTARA News) - Aktris Tara Basro akan menjadi pembawa acara The Amazing Race Asia musim kelima, menemani Allan Wu yang memandu acara tersebut sejak musim perdana. Ini adalah kali pertama dia ikut membawakan acara dalam The Amazing Race Asia

"Dulu saya hanya bisa nonton, sekarang bisa kerjasama dengan pembawa acara yang sangat dahsyat," kata Tara, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis. Setengah dari total episode The Amazing Race Asia yang disponsori Kementerian Pariwisata ini menampilkan lima kota di Tanah Air. 

Tara akan menemani Allan Wu dalam perlombaan di Indonesia. Sisanya akan berlangsung di lima negara Asia lain. Bagi peraih Piala Citra 2015 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, ini adalah kesempatan emas untuk menggaungkan pesona pariwisata Indonesia di mancanegara. 

Bila harus memilih mana daerah Indonesia yang jadi favoritnya, Tara memilih kawasan Indonesia Timur yang relatif lebih jarang dijamah pelancong. 

"Aku suka Sumba dan Maumere. Aku jatuh cinta sama tempat itu, rasanya seperti di rumah," ujar gadis yang sempat menghabiskan waktu lama di dua tempat itu untuk syuting Pendekar Tongkat Emas dan Ini Kisah Tiga Dara. 

Wu dan Tara akan memandu acara yang diikuti 11 tim dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Mereka memperebutkan hadiah sebesar 100.000 dolar AS. Indonesia diwakili dua tim, sepasang sahabat masa kecil Louisa dan Treasuri serta pemandu acara pariwisata Rach dan Vicky. 

Pada musim ini, akan ada webisodes digital dan catatan di balik layar yang ekslusif. Selain itu, para penonton dapat berinteraksi dengan para kontestan melalui sesi tanya jawab di media sosial.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016