Surabaya (ANTARA News) - Salah seorang pengusaha di bidang transportasi, Bambang Soekartono, menyarankan Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, aktif berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan demi kelancaran sistem transportasi nasional.

"Wajib rajin-rajin berkomunikasi dan mendengarkan aspirasi dari para pengusaha di bidang transportasi, bahkan dengan konsumen sekalipun," ujarnya, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

"Saya optimistis pak menteri baru bisa lebih baik dari menteri sebelumnya dan membawa dunia transportasi di Indonesia menjadi semakin maju serta dicintai publik," ucap pemilik jasa pelayaran PT Dharma Lautan Utama tersebut.

Dia juga berharap Sumadi tidak segan-segan mendengarkan dan menyerap kepentingan konsumen selaku pengguna jasa transportasi di empat moda, yaitu laut, darat, udara, dan kereta api.

Kendati demikian, ada beberapa program dari pendahulu di Kementerian Perhubungan, Ignasius Jonan, yang layak diapresiasi, yaitu budaya kedisiplinan di lingkungan Kementerian Perhubungan.

"Iklim birokrasi di Kemenhub semakin disiplin dan itu yang harus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan," kata anggota Dewan Kelautan Indonesia Jawa Timur itu. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016