Tingkatkan sosialisasi BPJS Kesehatan serta verifikasi dan validasi kepesertaannya,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan sosialisasi BPJS Kesehatan kepada seluruh masyarakat.

"Tingkatkan sosialisasi BPJS Kesehatan serta verifikasi dan validasi kepesertaannya," kata Puan Maharani di Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut terkait adanya temuan kasus pemalsuan kartu BPJS Kesehatan di Kabupaten Bandung Barat.

Untuk itu, Menko PMK telah menggelar rapat koordinasi tingkat menteri untuk membahas temuan kasus pemalsuan kartu BPJS Kesehatan itu.

Berdasarkan temuan diketahui bahwa pelaku memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat tentang bagaimana mendapatkan kartu BPJS Kesehatan melalui prosedur yang benar.

Atas temuan kasus pemalsuan kartu BPJS Kesehatan, Menko PMK menyoroti beberapa hal penting yang dinilai menjadi celah bagi pelaku pemalsuan dalam menjalankan aksinya.

Salah satunya karena kurangnya sosialisasi yang berujung pada ketidakpahaman masyarakat mengenai prosedur yang benar untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Selain itu kasus tersebut juga menjadi momentum untuk kembali membahas masalah pendataan penduduk yang akurat hingga tepat sasaran sebagai peserta BPJS terutama BPJS Kesehatan.

Untuk masalah sosialisasi, Menko PMK minta semua kementerian/lembaga juga turut menginformasikan bahkan mengedukasi masyarakat segala hal tentang BPJS dan program Jaminan Kesehatan Nasional.

"Mari tingkatkan sosialisasi mengenai program jaminan kesehatan nasional," katanya.

Bagi jajaran pengurus BPJS Kesehatan, Menko PMK juga menginstruksikan untuk lebih memperbanyak tempat pendaftaran kepesertaan BPJS yang mampu menjangkau masyarakat di mana pun mereka berada.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016