Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Ade Komaruddin (Akom) memeriksa gedung dan ruangan tempat pelaksanaan Pidato Kenegaraan 16 Agustus mendatang.

"Saya hanya mau memastikan, semua tempat bersih. Lalu persiapannya, bangku-bangku untuk tamu undangan," ujar dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat.

Sekitar pukul 9.50 WIB, Akom tiba di Gedung Parlemen sembari mengenakan pakaian serba hitam. Dia lantas bergegas menuju Gedung Nusantara atau dikenal sebagai "Gedung Kura-Kura".

Di sana, politisi Partai Golkar itu memeriksa berbagai sudut dan hal, mulai dari tangga menuju ruangan, toilet, kondisi pencahayaan, kondisi suhu ruangan, dinding gedung hingga rencana dekorasi ruangan rapat Paripurna I.

"Yang paling penting bersihnya," tutur dia yang saat itu didampingi Sekretaris Jenderal DPR, Winantuningtyastiti dan Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (BPBMN), Makmur.

Dalam kesempatan itu, Winantuningtyastiti mengatakan berbeda dengan tahun lalu, sejumlah sisi Gedung Nusantara akan dihias menggunakan bunga-bunga berwarna merah dan putih, yakni bagian taman dan ruangan rapat paripurna I.

"Akan digunakan bunga-bunga lokal. Ada kastuba, sedap malam, semuanya lokal yang murah meriah. Warnanya merah dan putih," tutur dia dalam kesempatan berbeda. Selain itu, khusus di ruangan rapat Paripurna I, akan dihias ornamen nusantara berbentuk gugusan pulau. Ornamen ini nantinya diletakkan tepat di belakang Patung Garuda. Sederhana saja tapi manis dengan hiasan bunga di berbagai tempat yang penting sederhana tapi menarik," kata Akom.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016