Terima kasih saya tujukan untuk para fans, tim, DFB, dan pelatih serta staf Tim Nasional Jerman
Jakarta (ANTARA News) - Kapten Tim Nasional Jerman Bastian Schweinsteiger mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola Internasional.

Schweinsteiger, yang menjadi bagian dari kesuksesan Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, sebelumnya telah mengatakan akan membuat keputusan tentang masa depannya setelah Euro 2016.

Pemain 31 tahun itu pada Jumat mengkonfirmasi lewat akun media sosial bahwa ia sudah menyampaikan keputusannya ini kepada pelatih Joachim Loew, demikian seperti dilansir dari laman ESPN FC.

"Saya telah meminta pelatih timnas untuk tidak mempertimbangkan saya dalam panggilan Timnas Jerman selanjutnya karena ingin mengakhiri karir internasional," kata Schweinsteiger dalam pesan kepada penggemarnya.

"Terima kasih saya tujukan untuk para fans, tim, DFB (asosiasi sepakbola Jerman), dan pelatih serta staf Tim Nasional Jerman".

"Dalam 120 pertandingan internasional saya telah diizinkan bermain untuk negara dan mendapatkan pengalaman sukacita yang luar biasa dan sukses," ucap Schweinsteiger.

Gelandang Manchester United itu bergabung dalam skuad Euro 2016 meskipun ada kekhawatiran atas kebugarannya. Ia tampil empat kali sebagai pemain pengganti dan bermain sejak awal laga dalam pertandingan semifinal.

"Jogi Low tahu betapa berharganya Euro 2016 bagi saya, karena saya ingin melakukan segalanya dengan kekuatan untuk memenangi gelar tersebut, yang belum mampu kami bawa pulang sejak 1996," kata dia.

"Dengan memenangi Piala Dunia 2014 kami mampu menciptakan sesuatu yang bersejarah dan emosional, yang tidak dapat diulang dalam karir saya."

Schweinsteiger membela Tim Nasional Jerman pada kejuaraan Eropa pada 2004, 2008, 2012 dan 2016, serta Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014.

Ia tampil pertama kali pada Juni 2004 dan telah mencatatkan 38 kali penampilan pada turnamen besar sekaligus menjadi rekor dunia.

Schweinsteiger tampil 20 kali pada ajang Piala Dunia dan 18 kali pada Piala Eropa yang terakhir kali pada babak semifinal Euro 2016. Ia juga telah memecahkan rekor penampilan rekan setimnya Miroslav Klose sebanyak 37 penampilan.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016