Mataram (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menuju ke Jakarta setelah rampung melakukan kunjungan kerja di dua provinsi yakni NTT dan NTB.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan terbang kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Lombok, Sabtu malam, sekitar pukul 23.00 WITA.

Setelah merampungkan kunjungan kerja di dua provinsi tersebut, Presiden kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Republik Indonesia-1 yang dijadwalkan mendarat di Pangkalan TNI AU Halimperdanakusuma Jakarta setelah menempuh penerbangan sekitar 1 jam 30 menit.

Presiden mengawali kunjungan kerjanya di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 yang digelar di Alun-Alun Provinsi NTT, Kupang.

Pada kesempatan itu, Presiden berpesan agar peran dan fungsi keluarga semakin diperkuat karena sebagai institusi sosial, peran keluarga sangatlah penting.

"Dari keluargalah pribadi-pribadi, karakter-karakter dan mental, pola pikir manusia itu dibentuk," kata Presiden.

Selanjutnya Presiden terbang ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memberikan sambutan dalam acara Pembukaan MTQ Tingkat Nasional ke-26 yang dilangsungkan di Astaka Utama Islamic Centre, Kota Mataram, Lombok, Sabtu malam.

Presiden menyatakan memiliki harapan yang besar bahwa MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat di Tanah Air selain berkembang dari segi syiar dan kualitas penyelenggaraannya juga dapat mewarnai wajah umat Islam dan bangsa Indonesia.

Menurut dia, tujuan dan makna kegiatan MTQ bukan sekadar prestasi yang utama.

"Namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Quran," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016