Sidoarjo (ANTARA News) - Tim sepak bola Bhayangkara Surabaya United (BSU) menang tipis saat menjamu tim tamu Persija Jakarta dengan skor 2-1 pada laga lanjutan Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam.

Dua gol anak asuh Ibnu Grahan diciptakan oleh Evan Dimas di menit ke-24 dan Rudi Widodo di menit ke-31. Sementara satu-satunya gol Persija berhasil diciptakan oleh Maman Abdul Rahman di menit ke-79 melalui tendangan bebas.

Pada babak pertama, kedua tim tampil agresif dengan melakukan jual beli serangan. Beberapa kali, tim Kapten tim Persija Bambang Pamungkas berhasil membuat Otovio Dutra harus kelabakan melalui sundulan kepala.

Baru kemudian di menit ke-24 pemain BSU nomor punggung 10 Rudi Widodo memberikan umpan dari tengah lapangan. Bola umpan dengan mudah ditendang lambung oleh Evan Dimas hingga akhirnya tidak mampu ditepis oleh Andritany hingga merubah skor awal menjadi 1-0 untuk kemenangan BSU.

Unggul satu gol, membuat semangat pemain BSU. Beberapa kali serangan yang dilakukan nyaris membuahkan gol. Meskipun penyelesaian akhir yang kurang maksimal.

Peluang emas tercipta di menit ke-30 saat Rudi Widodo mencoba tendangan keras ke arah gawang Persija. Akan tetapi, tendangan yang dilakukan masih membentur mistar gawang. Tak ingin menyianyiakan bola liar, pemain asing BSU Thiago Furtuoso langsung menyambar dengan kaki kanan. Namun sayang, tendangan yang dilakukan masih membentur penjaga gawang Andritany.

Satu menit berselang, menggiring bola dari tengah lapangan, Thiago berhasil mengecoh dua tiga pemain belakang Persija. Mendekati mulut gawang, bola dengan mudah diumpan kepada Rudi Widodo. Dengan sekali sontek, umpan kalem itu berhasil dikonfersikan menjadi gol. Skor 2-0 untuk BSU.

Memasuki babak kedua, Persija berusaha bermain lepas. Beberapa peluang berhasil diciptakan Bambang Pamungkas melalui sundulan kepala. Namun, upaya yang dilakukan masih bisa ditepis oleh kiper Wahyu Tri Nugroho.

Baru di menit ke-79 Persija mendapatkan kesempatan untuk mengejar ketertinggalan setelah wasit memberikan hukuman tendangan bebas kepada BSU. Tendangan keras yang dilakukan Maman di luar kotak penalti berhasil mengejar ketertinggalan menjadi 2-1 sampai dengan akhir pertandingan.

Pelatih Persija Paulo Camargo mengatakan sebenarnya anak asuhnya sudah bermain bagus dalam pertandingan kali ini meskipun harus mengakui keunggulan BSU.

"Kami terus menekankan supaya para pemain muda untuk terus semangat. Selain itu, kami hanya mengandalkan satu pemain asing dalam pertandingan ini. Sementara tim lawan memiliki beberapa pemain asing," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pelatih BSU Ibnu Grahan mengatakan kalau permainan anak asuhnya ini sudah cukup bagus hingga berhasil memperoleh poin penuh.

"Kami bangga dengan permainan anak-anak dan berhasil memperoleh poin penuh. Dan yang penting BSU masih bisa bertengger di posisi 3 klasemen sementara," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016