Rio de Janeiro (ANTARA News) - Dua perenang Rusia Vladimir Morozov dan Nikita Lobintsev mengajukan banding atas larangan kepada mereka untuk tidak tampil pada Olimpide Rio bulan depan, padahal mereka negatif menggunakan doping.

Kedua perenang menginginkan Mahkamah Arbitrase Olah Raga (CAS) menarik keputusan badan renang dunia FINA kepada mereka karena mereka tidak melanggar kriteria baru IOC yang membolehkan atlet Rusia turut berkompetisi di Olimpiade.

Kriteria baru itu menyebutkan hanya jika atlet negatif tes doping dan bisa membuktikan bersih serta tidak ada sangkut pautnya dengan rezim doping di negaranya maka atlet-atlet Rusia itu layak tampil pada Olimpiade.

Lobintsev dan Morozov yang tinggal di AS adalah anggota tim estafet 4x100m gaya bebas putra yang memenangkan medali perunggu Olimpiade London 2012, sedangkan Lobintsev juga memenangkan medali perak untuk estafet 4x200m gaya bebas Olimpiade Beijing 2008.

Kedua perenang dilarang tampil setelah masuk daftar nama yang berkaitan dengan pemalsuan sampel positif tes doping versi hasil penyelidikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Rusia.

Tak satu pun dari kedua perenang itu dinyatakan positif menggunakan doping dan keduanya juga berulang kali menyatakan bersih, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016