Saya melihat anak-anak sudah tidak terpengaruh lagi dengan jetlag karena ada waktu recovery selama satu hari
Jakarta (ANTARA News) - Tim panahan Indonesia sukses beradaptasi dengan lingkungan dan lokasi pertandingan di Brasil yang merupakan tempat berlangsungnya Olimpiade 2016 di Ri de Janeiro, 5-21 Agustus.

Keberhasilan Ika Yuliana dan kawan-kawan beradaptasi tidak lepas dari cukupnya waktu istirahat yang diberikan manajemen tim setelah melalui penerbangan di atas 24 jam dari Tanah Air.

"Saya melihat anak-anak sudah tidak terpengaruh lagi dengan jetlag karena ada waktu recovery selama satu hari. Waktu yang diberikan benar-benar dimanfaatkan oleh mereka untuk berlatih di fitness center," kata pelatih Deni Trisjanto dalam keterangan tertulis, Minggu.

Menurut dia, latihan perdana tim panahan Indonesia yang diperkuat Ika Yuliana Rochmawati, Riau Ega Agata Salsabila, Muhammad Hanif Wijaya dan Hendra Purnama dilakukan di Sambodromo yang juga lokasi pertandingan pada Jumat (5/8).

Berdasarkan hasil latihan perdana sekaligus adaptasi dengan lapangan Sabtu waktu setempat, dia menilainya cukup bagus karena semua atlet yang lolos Olimpiade mampu menjalankan semua program, bahkan tidak menghadapi kendala saat membidik sasaran.

"Saya lihat tim putra menembak dengan sangat bagus. Kalau saya melihatnya dari situ saja, karena saat ini mereka memang harus menembak bagus. Itu menunjukkan tim ini punya peluang karena kami juga berharap dari nomor ini," kata Deni.

Cabang panahan membuka tradisi medali Indonesia pada Olimpiade saat Trio Srikandi --Nurfitriyana, Lilis Handayani dan Kusuma Wardhani-- membawa pulang medali perak Olimpiade 1988 di Seoul. PP Perpani pun berharap tim putra bisa memutus puasa medali selama 28 tahun.

Deni mengaku belum melihat ada potensi kendala yang bisa mengganggu penampilan anak asuhannya karena panitia telah membuat lokasi pertandingan sesuai dengan standard sehingga meminimalisasi kendala angin.

"Di bagian belakang ada papan yang cukup tinggi untuk menghalangi anak panah agar tidak keluar lapangan, sementara di kanan dan kiri ada tribun penonton. Jadi saya memperkirakan tidak akan ada angin yang terlalu kencang. Saya juga lihat panggungnya kokoh dan dibuat dengan bagus. Suasananya baru dan saya kira bisa memberi ketenangan berpikir untuk atlet," kata Deni.

Tim panahan Indonesia akan memulai usaha merebut medali Jumat pekan depan mulai babak kualifikasi perorangan dilanjutkan nomor beregu putra keesokan harinya saat Trio Arjuna Indonesia akan berusaha merebut medali emas. Nomor individu akan berlangsung pada 8-12 Agustus.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016