Jakarta (ANTARA News) - Tak perlu khawatir bila saat bercermin Anda menemukan bibir menghitam dan kehilangan kilaunya. Berikut ada tiga cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna merah muda bibir Anda, tentu dengan menggunakan bahan alami.

1. Lakukan scrubbing bibir
Gunakan scrubber bibir alami untuk mengangkat kulit mati dari bibir dan mengembalikan kekenyalannya, setidaknya seminggu sekali. 

Cara sederhana membuat scrub salah satunya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun dan satu sendok teh gula, untuk membantu mengelupaskan bibir. Setelah itu, bilaslah bibr dan pakailah pelembab bibir.

2. Gunakan lemon
Lemon digunakan untuk mengobati bercak gelap kulit dan mengembalikan kecerahannya. Peraslah lemon dan pakaikan pada bibir sebelum tidur.

Lakukan cara ini selama beberapa bulan. Namun, jika tak berefek ,Anda bisa menggunakan potongan lemon yang telah ditaburi gula, lalu gosokkan pada bibir. Cara ini akan membantu mengelupaskan sel-sel mati dan memberi jalan untuk munculnya kulit yang baru.

3. Aplikasikan buah bit
Buah bit dapat secara alami mencerahkan bibir yang berwarna gelap. Oleskanlah jus buah bit pada bibir sebelum tidur dan bilaslah bibir saat pagi harinya. Warna merah alami buah bit akan membuat bibir gelap Anda menjadi kemerahan. Lakukan cara ini setiap hari ini sebelum tidur. 

Selain itu, ada metode lain yang bisa dilakukan, yakni mencampur jus bit dan wortel dengan perbandingan yang sama banyak. Oleskan campurkan pada bibir dan pijat dengan lembut selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 

Lakukan cara ini sekali sehari selama satu atau dua minggu. Demikian seperti dilansir Times of India.

Penerjemah: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016