Kita sudah kirim tim kesana karena di Kemensos ketika kita melihat ada potensi kemungkinan terjadinya konflik sosial kita akan mencoba meredam dari lini paling bawah. Di tingkat desa kita punya forum keserasian sosial,"
Makassar (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan telah mengirimkan tim ke kota Tanjungbalai di Sumatera Utara terkait terjadinya kerusuhan di daerah tersebut dan menyiapkan untuk pembentukan forum keserasian sosial di tingkat desa.

"Kita sudah kirim tim kesana karena di Kemensos ketika kita melihat ada potensi kemungkinan terjadinya konflik sosial kita akan mencoba meredam dari lini paling bawah. Di tingkat desa kita punya forum keserasian sosial," kata Mensos di Makassar, Minggu.

Mensos berada di Makassar dalam kunjungan kerjanya meluncurkan layanan Elektronik Warung (E-Warung) Kelompok Usaha Bersama dan Program Keluarga Harapan (Kube-PKH).

Lebih lanjut Mensos mengatakan, di Tanjungbalai belum memiliki forum keserasian sosial. Sebelumnya terjadi kerusuhan di Kota Tanjungbalai Sumatera Utara pada Jumat (29/7) malam. Kerusuhan berbau SARA itu menimbulkan kerusakan sejumlah rumah ibadah.

"Jadi saya sudah koordinasi dengan dirjen dan direktur di Kementerian Sosial supaya tim yang kesana sudah langsung menyiapkan untuk pembentukan forum keserasian sosial di tingkat desa," tambah dia.

Menurut dia yang terjadi di Tanjungbalai merupakan letupan spontan yang tidak bisa diprediksi, tapi ketika sudah muncul tidak boleh dibiarkan dan dianggap sebagai sesuatu yang biasa saja.

"Kita sudah harus melakukan antisipasi jangan sampai ini terjadi di tempat-tempat lain karena kemungkinan resonansi dari medsos akan memicu di daerah-daerah lain yang sebetulnya semua berjalan harmonis itu akhirnya ada letupan. Itu yang kita antisipasi," katanya.

Hal itu perlu dilakukan agar bisa saling menjaga keberagaman dan kebhinekaan itu dipahami adalah sebuah sunatullah bagi bangsa Indonesia.


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016