Jakarta (ANTARA News) - Delapan BUMN yang berulang tahun pada Juli 2016 merayakan hari jadi mereka secara bersama-sama dengan menggelar acara bertajuk Hari Pepaya alias Carica Day, di Bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7).

Hadir dalam acara itu Menteri BUMN, Rini Soemarno, serta pimpinan delapan BUMN yang berulang tahun.

Mereka adalah BNI, Jamkrindo, PT Biro Klarifikasi Indonesia, Perusahaan Umum Perumnas, PT Indofarma (Persero), PT Antam (Persero), PT Petrokimia Gresik (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur (Borobudur), PT Prambanan, dan Ratu Boko, juga direksi dari 110 BUMN lain sebagai peserta. 

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, acara yang mengusung tema "Bersahabat dengan Alam, BUMN Hadir untuk Negeri" itu sebagai upaya memberi dukungan riil terhadap pengembangan agroindustri khas Wonosobo, yaitu industri makanan dan minuman pepaya, yang bernama latin Carica papaja, L.

Acara itu juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia untuk rekor makan pepaya bersama untuk 5.555 peserta. MURI juga menyerahkan piagam rekor untuk Penjualan Sembako Murah oleh gabungan BUMN kepada lebih dari 15.000 penerima di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, delapan BUMN yang berulang tahun bersinergi dengan PT Perhutani sebagai pengelola kawasan Sikunir membenahi sarana penunjang wisata di objek wisata alam Bukit Sikunir.

Untuk membantu keberlanjutan produksi pepaya, ke delapan BUMN yang berulang tahun menyumbangkan 200 bibit pohon pepaya. Bibit pohon diserahkan kepada para petani untuk ditanam dan dipelihara, sehingga pasokan pepaya di masa mendatang lebih terjamin.

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016