Penang, Malaysia, (ANTARA News) - Penyanyi bersuara melankolis Raisa mengakhiri rangkaian promosi Wonderful Indonesia yang mengikuti Festival George Town (GTF) 2016 di Penang, Malaysia, Minggu (31/7).

Seperti halnya grup musik Nidji yang sehari sebelumnya berhasil memuaskan penonton, Raisa yang satu panggung dengan penyanyi senior tuan rumah Sheila Madjid, juga berhasil membuat penggemarnya tetap bertahan sampai akhir pertunjukan tengah malam di lapangan Padang Kota Lama Penang.

Penonton yang rata-rata anak muda, ternyata sudah cukup hafal dengan lirik lagu-lagu yang dibawakan penyanyi bernama lengkap Raisa Andriana, kelahiran 6 Juni 1990 itu.

Selama pertunjukan yang berlangsung satu jam penuh, Raisa menyuguhkan sekitar sepuluh lagu yang sudah akrab di telinga penggemarnya di Penang, di antaranya "Terjebak Nostalgia", "Serba Salah", "Apalah (Arti Menunggu)", dan "Mantan Terindah".

Meski merupakan pendatang baru di belantika musik Indonesia, nama Raisa ternyata populer di kalangan warga Penang, sebagaimana penyanyi dan grup musik Indonesia lainnya, seperti Rossa, Afgan, Wali, Noah, Sheila On 7, dan Judika.

Karena kepopulerannya tersebut, Raisa bersama grup Nidji secara khusus diundang oleh panitia Festival George Town untuk tampil dan sekaligus mendukung promosi pariwisata Indonesia.

Karier bernyanyi Raisa diawali sebagai vokalis grup band Andande yang dibentuk musisi Kevin Aprilio pada tahun 2011.

Keluar dari grup tersebut justru membuat namanya melambung setelah dia mengeluarkan single berjudul "Serba Salah" pada tahun 2010. Sejak itu popularitasnya tidak terbendung dan berhasil menyejajarkan diri dengan penyanyi papan atas lainnya di Tanah Air.

Saat tampil di Festival George Town tersebut, Raisa sekaligus mempromosikan album ketiganya, "Handmade", yang dirilis pada tanggal 20 April 2016.

Dalam album tersebut, terdapat beberapa lagu hit yang di antaranya adalah "Kali Kedua" dan "Jatuh Hati".

Sebelum Raisa yang tampil di acara tersebut, pengunjung di festival tahunan itu juga dihibur oleh penyanyi senior tuan rumah Sheila Madjid yang merayakan 30 tahun kiprahnya di dunia musik.

Dari sepuluh lagu yang ditampilkan Sheila, dua di antaranya adalah "Antara Anyer dan Jakarta" dan "Sinaran" yang sudah sangat akrab di telinga penggemarnya di Indonesia dan diluncurkan pada tahun 1986, yaitu 4 tahun sebelum Raisa lahir.

Festival George Town yang diselenggarakan secara teratur setiap tahun dimulai sejak 2010 itu berlangsung sebulan penuh dengan menampilkan berbagai kegiatan seni, budaya, dan komunitas.

Kota yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs peninggalan dunia tersebut bertekad untuk menjadi pusat pertunjukan budaya dan seni berkelas dunia dengan menyuguhkan hampir seratus event unik setiap tahun.

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016