Los Angeles (ANTARA News) - Film drama mata-mata populer terkini "Jason Bourne" dari Universal langsung menempati peringkat teratas tangga film mingguan box office Amerika Utara pada akhir pekan penayangan perdananya.

Film yang dibintangi oleh Matt Damon itu meraup 60 juta dolar AS dari 4.026 lokasi pada akhir pekan pertama penayangannya menurut estimasi comScore pada Minggu (30/7).

"Jason Bourne", sekuel kelima dari drama mata-mata itu, mengumpulkan pendapatan domestik terbesar kedua dalam penayangan film waralaba "Bourne", hanya di belakang "The Bourne Ultimatum" yang menghasilkan 69,2 juta dolar AS pada penayangan perdananya tahun 2007.

Film tersebut mendapat skor "A-" dari para pemirsa penayangan perdana di CinemaScore. Sebanyak 55 persen penontonnya pria dan 60 persen di antara mereka berusia 35 tahun ke atas.

"Jason Bourne" membawa hasil tambahan 50,1 juta dolar AS dari 46 pasar luar negeri. Pendapatan global film berbiaya 120 juta dolar AS itu tercatat 110,1 juta dolar AS pada akhir pekan pertamanya.

Film waralaba panjang yang lainnya, "Star Trek Beyond" dari Paramount, menempati peringkat kedua dengan pendapatan 24 juta dolar AS dari bioskop-bioskop Amerika Serikat dan Kanada. Pendapatan kotor film itu tercatat 105,7 juta lebih dalam 10 hari penayangan.

Komedi "Bad Moms" menempati peringkat ketiga pada penayangan perdananya dengan hasil 23,4 juta dolar AS.

"The Secret Life of Pets" berada di posisi keempat dengan pendapatan 18,2 juta dolar AS sementara film horor "Lights Out" menghasilkan 10,8 juta dolar AS dan menempati peringkat kelima, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.

 

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016