Purwokerto (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berencana menggelar festival kentongan untuk menyambut peringatan ulang tahun kemerdekaan ke-71.

"Festival kentongan ini rencananya akan digelar di tiga lokasi tanggal 10, 11, dan 13 Agustus 2016. Hal ini dimaksudkan untuk pemerataan hiburan masyarakat Banyumas yang selama ini terpusat di Purwokerto," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas Agus Nur Hadie di Purwokerto, Senin.

Ia menjelaskan pada 10 Agustus festival kentongan akan digelar di Kecamatan Banyumas mulai dari depan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyumas menuju Alun-alun Banyumas dan diakhiri dengan penyalaan kembang api.

Tanggal 11 Agustus festival kentongan akan dilaksanakan di Kecamatan Jatilawang mulai dari Pendopo Kecamatan Jatilawang menuju Stadion Diponegoro dan diakhiri dengan penyalaan kembang api.

"Kegiatan serupa juga akan digelar di Kota Purwokerto tanggal 13 Agustus yang dimulai dari Pasar Wage menuju Alun-alun Purwokerto. Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan penyalaan kembang api," katanya.

Pemerintah Kabupaten Banyumas juga akan menggelar Festival Karawitan Gending Banyumasan Bupati Cup Tingkat SMP/SMA/SMK pada 6-7 Agustus di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, lomba egrang dan terompah antarkecamatan pada 11 Agustus serta lomba hadang nyungging tampah, memasukkan pensil ke botol, dan sepak bola menggunakan sarung pada 12 Agustus.

"Lomba gobag sodor atau hadang nyungging tampah, memasukkan pensil, dan sepak bola menggunakan sarung akan digelar di Alun-Alun Purwokerto tanggal 12 Agustus, pukul 15.00 WIB, dengan melibatkan eksekutif, legislatif, yudikatif, serta TNI/Polri," katanya.

Agus mengimbau masyarakat Kabupaten Banyumas memasang umbul-umbul dan bendera hias pada 1-31 Agustus 2016 sedang pemasangan lampu hias dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan.

Selain itu warga diminta memasang bendera Merah Putih selama lima hari berturut-turut pada 14-18 Agustus 2016 serta bersih-bersih lingkungan untuk menyambut peringatan kemerdekaan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016