Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong mengincar pemain usia muda yang saat ini aktif memperkuat timnya pada kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 guna melengkapi pemain yang ada saat ini.

"Soal penambahan pemain memang ada rencana. Misal ada, penambahan tidak melalui seleksi, tapi penunjukan. Makanya kami terus meminta pelatih klub (ISC) memberikan masukan," kata Eduard Tjong di sela latihan timnas di Lapangan National Youth Training Center (NYTC) Bojongsari, Depok, Senin.

Menurut dia, penambahan pemain baru dilakukan jika pemain yang saat ini menjalani seleksi belum sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Selain itu, penambahan pemain akan dilakukan jika ada pemain bidikan yang mengalami cedera.

Saat ini ada satu pemain yang digadang-gadang akan mengisi posisi pemain belakang yaitu Samuel Cristianson mengalami cedera saat seleksi. Untuk itu, mantan pelatih PS TNI tersebut mengaku akan terus memantau perkembangannya.

"Kita lihat dulu perkembangannya," kata pelatih kelahiran Solo, Jawa Tengah itu.

Selain Samuel, ada satu lagi pemain belakang yang mengalami cedera yaitu Muhammad Rizky Ramadhan, namun pemain tim Persip tersebut saat ini sudah mulai berlatih dan langsung menjalani semua program yang diberikan oleh pelatih Eduard Tjong.

Untuk menghadapi Piala AFF 2016 di Hanoi, Vietnam, 11-24 September mendatang, pelatih Eduard Tjong memanggil 40 pemain untuk menjalani seleksi.

Dari jumlah tersebut, sudah ada enam pemain yang tereliminasi alias dipulangkan. Hal tersebut dilakukan karena pemain tersebut kalah bersaing dengan pemain yang lain.

Selain mencoret, jajaran pelatih Timnas Garuda Muda juga memanggil satu pemain baru dengan posisi penjaga gawang yaitu Satria Tama.

Saat ini ada empat penjaga gawang termasuk mantan penjaga gawang timnas Era Indra Sjafri yaitu Awan Seto yang menjalani seleksi di bawah asuhan pelatih Hermansyah.

"Untuk penentuan penjaga gawang kami limpahkan sepenuhnya pada pelatih (Hermansyah). Saya tidak ikut campur. Setahu saya pemanggilan pemain baru untuk memenuhi kebutuhan," kata mantan pelatih Persela Lamongan ini.

Timnas Garuda Muda tidak mempunyai waktu yang lama untuk bersiap diri. Meski singkat, anak asuh Eduard Tjong ini dijadwalkan menjalani pertandingan uji coba dengan tim lokal maupu luar negeri.

Uji coba internasional dijadwalkan melawan Filipina dan Singapura di Yogjakarta, 18 dan 20 Agustus.

Sementara, pada Piala AFF 2016, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup bersama dengan Australia, Thailand, Myanmar, Laos dan Kamboja.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016