Medan (ANTARA News) - Kebun Binatang Medan terus menambah koleksi hewannya dengan kelahiran dua bayi Harimau Benggala dengan berat sekitar 1 kilogram.

"Keduanya lahir 22 Juni 2016 dini hari lalu," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Hotmauli Sianturi di Medan, Senin.

Kedua bayi Harimau Benggala dengan warna bulu putih dan kuning itu lahir dari pasangan Avatar dan Wesa yang saat ini masing-masing berusia 10 tahun.

Rencananya, kedua bayi Harimau Benggala tersebut diberi nama Bila dan Caca.

"Soal pemberian nama akan kita koordinasikan dengan wali kota, karena kebun binatang ini milik Pemkot Medan. Dunia harus tahu bahwa disini terjadi peningkatan populasi harimau, sebanyak dua ekor," katanya.

Menurut dia, lahirnya dua bayi Harimau Benggala itu merupakan sebuah prestasi untuk Kebun Binatang Medan, karena populasi hewan jenis Harimau di Kebun Binatang Medan bertambah.

Selain itu, kelahiran dua anak Harimau Benggala tersebut juga menjadi kado di Hari Harimau Sedunia tahun 2016, yang jatuh pada 29 Juli 2016 .

"Sekarang beratnya 2 kg. Kemarin waktu lahir, beratnya 1 kg," katanya.

Direktur Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Medan Putrama Alkhairi mengatakan, ada 17 harimau di Kebun Binatang Medan, masing-masing enam Harimau Benggala dan 11 Harimau Sumatera.

"Kita sangat bersukur karena ternyata iklim disini sangat mendukung untuk perkembangan harimau. Dengan lahirnya dua Harimau Benggala itu tentunya kebanggaan bagi kita," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga berharap BBKSDA Sumut dapat mendistribusikan jenis harimau lainnya dan hewan yang belum ada di Kebun Binatang Medan.

"Kami mohonkan juga orang utan, Rusa Sambar. Disini ada jantan, kami minta betina. Kita terus mereproduksi sebagai satu keunggulan dan bisa kita distribusi ke kebun binatang lainnya karena ada juga koleksi kebun binatang kita disini," katanya. 

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016