Padang (ANTARA News) - BUMN Hadir Untuk Negeri mengadakan berbagai kegiatan pada peringatan HUT RI ke-71 tahun 2016 di Sumatera Barat (Sumbar) sebagai bentuk peran BUMN dalam pembangunan mengisi kemerdekaan.

2016 BUMN yang ada di Sumbar kembali mengadakan kegiatan pada peringatan HUT RI ke-71. Kegiatan itu dimulai dengan silaturahim dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno serta memperkenalkan program tahunan yang akan dilaksanakan di Sumbar, sebut Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi di Padang, Senin.

Ia dipercaya sebagai ketua pelaksana program dengan didukung oleh tiga Direktur Utama BUMN sebagai Co-PIC yakni Pelni, Hotel Indonesia Natour (HIN) dan Semen Padang.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-71 berlangsung tanggal 5 hingga 17 Agustus 2016. Kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya jalan sehat, pasar murah, berbagai perlombaan, upacara 17 Agustus, dan pemutaran film anak-anak yang memiliki konten tentang pendidikan, jelasnya.

Selain kegiatan yang sifatnya temporer tersebut, ia menambahkan juga dilaksanakan kegiatan yang sifatnya berkesinambungan, diantaranya, pembinaan mantan nara pidana, pemberian bantuan sarana air bersih, pembangunan tempat penitipan anak, pembinaan mantan atlet nasional, pembangunan MCK, elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik, dan pembinaan desa terpencil.

Untuk meningkatkan wawasan pendidikan, kebangsaan, dan cinta tanah air juga diselenggarakan kegiatan BUMN Mengajar dan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) untuk siswa SMU/SMK. Kegiatan SMN yang dilakukan berupa pertukaran pelajar untuk melakukan perjalanan guna meningkatkan wawasan pendidikan, kepemimpinan, dan budaya, katanya.

Ia mengemukakan, Pegadaian bersama Pelni, HIN dan Semen Padang akan memberangkatkan Siswa Sumbar ke Papua Barat dan menerima siswa Papua Barat untuk melakukan kegiatan di Sumbar.

Tak hanya itu, sebagai bentuk apresiasi kepada para veteran kusuma bangsa, BUMN juga menyelenggarakan kegiatan bedah rumah. Hal ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya para mantan pejuang yang tinggal di rumah yang kurang layak, ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PT Semen Padang, Benny Wendry menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk peran BUMN dalam pembangunan mengisi kemerdekaan. Selain melalui produk-produk perusahaan, BUMN juga banyak melakukan kegiatan yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Berbagai kegiatan yang dilakukan melalui program BUMN hadir untuk negeri tersebut juga menggambarkan bentuk peranan yang dilakukan BUMN yang ada di Sumbar. Diantaranya pada momentum HUT RI tahun ini yang diharapkan dapat berdampak langsung terhadap masyarakat di Sumbar, lanjutnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyambut gembira pelaksanaan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang dilaksanakan BUMN yang ada di Sumbar.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi masyarakat baik pelajar, veteran, maupun masyarakat pada umumnya.

Atas nama warga masyarakat Sumbar kami mengucapkan terima kasih kepada BUMN penyelenggara yang telah membantu menyukseskan pembangunan, melalui program-program yang dijalankan. Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara terus-menerus sehingga memberikan dampak kepada masyarakat yang lebih luas, katanya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016