Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkfili Hasan mengungkapkan jika generasi muda tak paham Pancasila, maka 50 tahun mendatang Indonesia akan kekeringan nilai-nilai luhur bangsanya.

"Sangat berbahaya jika generasi muda Indonesia tidak lagi kenal dan memahami Pancasila," kata dia saat menghadiri pembukaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus di Universitas Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, seperti dalam keterangan tertulis MPR, Rabu.  

"Survei Lemhanas mengatakan jika generasi muda tidak lagi memahami Pancasila dan mengimplementasikannya maka lima puluh tahun lagi bangsa ini akan kering dari nilai-nilai luhur bangsa," imbuh Zulkifli.

Di samping itu, akan banyak sekali masalah berat terjadi seperti yang dialami negara-negara yang mengalami konflik berkepanjangan.

Zulkfili berpesan pada generasi muda agar terus meningkatkan kemampuan diri yakni melalui pengetahuan dan teknologi agar tak tertinggal dari masyarakat di negara lain.

"Saya tegaskan jika generasi muda sebagai generasi penerus tidak mampu dan tertinggal dari negara luar maka siap-siap saja bangsa kita akan tertindas oleh negara-negara maju," tutur dia.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekkii, Rektor Unsri Anis Saggaf beserta dan 7000 orang mahasiswa baru Unsri.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016