Shanghai (ANTARA News) - Raksasa hiburan Amerika Serikat IMAX Corp. mengumumkan pada Selasa (2/8) tentang rencana mereka membuka 150 bioskop baru di China setelah mencapai kesepakatan dengan perusahaan konglomerat China, Wanda Group.

Itu merupakan kesepakatan pembukaan bioskop baru terbesar IMAX sepanjang masa.

Dengan perjanjian tersebut, maka Wanda membuka total 360 bioskop IMAX di China, menurut sebuah pernyataan dari IMAX, dalam kesepakatan yang terjalin pada 2007 silam.

Dimiliki miliarder Wang Jianlin, Wanda berniat mengalihkan bisnisnya dari sektor properti ke jasa dan hiburan seiring dengan menurunnya keuntungan dari sektor real estate China.

Bulan ini, Wanda mengumumkan mereka membeli grup bioskop asal London Odeon & UCI dalam sebuah kesepakatan senilai 1,2 miliar dolar AS (sekitar Rp15,7 triliun).

Dan pada Mei, Wanda membuka taman bermain pertamanya, proyek senilai 3,4 miliar dolar di Nanchang, tepat beberapa pekan sebelum raksasa hiburan Amerika Serikat Disney membuka taman bermainnya di Shanghai, yang pertama di China.

IMAX, yang berkantor pusat di Amerika Serikat, saat ini memiliki 1.102 bioskop di 69 negara, dengan total 335 bioskop sudah dibuka di China, demikian seperti dilansir kantor berita AFP..

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016