Wellington (ANTARA News) - Mantan pebalap Ferrari Chris Amon, yang kerap disebut-sebut sebagai salah satu pebalap terbaik di Formula 1 yang tidak pernah menjadi juara, meninggal dunia pada usia 73 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker, kata keluarga legenda asal Selandia Baru ini pada Rabu.

Amon merupakan bagian dari trio pebalap Selandia Baru yang berkomptisi di Formula 1 pada 1960-an dan awal 1970-an bersama Bruce McLaren dan Denny Hulme, yang keduanya menikmati lebih banyak kesuksesan di ajang olahraga papan atas ini.

Nasib buruk sering disebut sebagai alasan kunci untuk minimnya kesuksesannya di Formula 1, di mana mantan juara dunia Mario Andretti pernah bertutur, "Jika ia menjadi pengurus pemakaman, orang-orang akan berhenti meninggal dunia."

Sperti McLaren, yang bersama dirinya memenangi balap ketahanan 24 jam Le Mans dengan menggunakan Ford GT40 50 tahun silam, ia membentuk timnya sendiri namun Chris Amon Racing gagal mendulang banyak kesuksesan.

Amon finis di podium sebanyak 11 kali, ia juga pernah membela March dan Matra di antara 13 tim yang pernah diperkuatnya selama 14 musim. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016