Jakarta (ANTARA News) - Federasi sepak bola dunia atau FIFA melalui wakilnya Primo Carvaro mengapresiasi lancarnya pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang berlangsung di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Rabu.

"Saya senang dengan hasil ini karena sudah menjalankan rekomendasi FIFA. Semangat kongres juga sangat positif termasuk keputusan-keputusan yang diambil. Indonesia sekarang kembali ke roadmap," kata Primo Carvaro usai pelaksanaan KLB.

Menurut dia, KLB PSSI yang diikuti oleh 105 dari 107 pemilik suara ini merupakan langkah awal sebagai bentuk normalisasi federasi sepak bola Indonesia. Dengan suksesnya pelaksanaan KLB diharapkan persepakbolaan Indonesia segera bangkit.

Salah satu keputusan KLB adalah akan menggelar pemilihan kepengurusan baru pada 17 Oktober mendatang. Bahkan, pada KLB juga sudah ditetapkan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan termasuk revisi statuta terkait dengan pemilihan.

"Kami telah mengobservasi kongres ini dan melihat langsung. Setelah pemilihan kami harapkan Indonesia dapat langsung memperbaiki diri dan FIFA sangat mendukung anggotanya. Indonesia punya potensi besar dalam sepak bola," kata Primo Carvaro menambahkan.

Pada KLB PSSI yang juga menetapkan Hinca Panjaitan sebagai pelaksan tugas Ketua Umum PSSI ini, FIFA terbilang aktif. Biasanya perwakilan federasi sepak bola dunia itu hanya sebagai peninjau, namun pada KLB ini juga memberikan masukan dan pendapat dihadapan peserta sidang.

Pendapat yang diberikan oleh FIFA diantaranya menyangkut pemilihan. Ada dua opsi yang ditawarkan yaitu mengganti tiga anggota Komite Eksekutif yang berhalangan tetap serta mengganti semuanya. Setelah ada penjelasan akhirnya opsi kedua yaitu mengganti semua anggota Komite Eksekutif menjadi keputusan kongres.

Selain itu masalah penetapan waktu Kongres Pemilihan. Batas waktu pemilihan seharusnya digelar 31 Oktober, namun karena ingin dipercepat maka pelaksanaannya diajukan menjadi 17 Oktober atau tidak boleh kurang dari 10 pekan terhitung mulai sekarang.

Pada KLB PSSI ini selain dihadiri oleh perwakilan FIFA juga dihadiri oleh AFC dalam hal ini International Relations Officer AFC, Purushottam Kattel. Selain itu juga dihadiri pula dua mantan Ketua Umum PSSI yaitu Agum Gumelar dan Nurdin Halid.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016