Rio de Janeiro (ANTARA News) - Juara bertahan Olimpiade dan Wimbledon Andy Murray akan menjadi pembawa bendera Inggris di upacara pembukaan Olimpiade Rio.

Murray, yang meraih kemenangan di Wimbledon untuk kedua kalinya bulan lalu dan memenangi medali emas di London empat tahun lalu, merupakan petenis pertama yang memimpin kontingen Inggris di upacara pembukaan.

"Mewakili negaramu di Olimpiade merupakan pengalaman menakjubkan tapi memimpin Tim Olimpiade Inggris akan menjadi kehormatan luar biasa, yang terbesar dalam olahraga," kata petenis peringkat dua dunia itu serta menambahkan bahwa dia "sangat bangga."

"Ini Olimpiade ketiga saya dan ini kompetisi yang sangat istimewa bagi saya. Saya tentu memiliki kenangan tidak terlupakan di London dan saya akan 100 persen fokus untuk menang di Rio."

"Kehormatan menjadi pembawa bendera adalah saat yang akan selalu saya kenang seumur hidup saya dan tentu saja akan menjadi salah satu peristiwa penting dalam perjalanan karier saya," katanya seperti dikutip kantor berita AFP.

Pemilihan Murray dilakukan oleh panel yang dipimpin oleh Chef de Mission Tim Inggris Raya Mark England.

Pesaing lama Murray, juara dunia Novak Djokovic, yang menjalankan tugas yang sama untuk Serbia di Olimpiade London 2012, mengatakan bahwa Murray jelas layak menjalankan tugas itu.

"Dia pemain tenis yang diakui secara global dan atlet yang sudah melakukan banyak hal untuk Inggris Raya," katanya tentang Murray, yang sudah memenangi Piala Davis dan medali emas Olimpiade.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016