Palembang (ANTARA News) - Sumatera Selatan sebagai penyelenggara Asian Games 2018 akan menggunakan kendaraan operasional ramah lingkungan untuk mengangkut atlet di Kawasan Jakabaring Sport City Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Kamis, mengatakan, mobil ini akan menggunakan teknologi hidrogen yang bebas polusi.

"Teknologi mobil hidrogen luar biasa, malahan belum digunakan di negara-negara lain. Ini merupakan teknologi masa depan," kata dia.

Penggunaan mobil teknologi hidrogen ini sangat cocok dengan pelaksanaan Asian Games karena Sumsel sebagai penyelenggara akan menerapkan konsep "green sport city" di Kompleks Olahraga Jakabaring.

Model ini sudah dicoba saat Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games ke-25 tahun 2011 di Palembang.

Dalam Asian Games 2018, setiap kendaraan yang melintas di Jakabaring Sport City harus ramah lingkungan. Listrik yang digunakan harus pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

"Jika ini berhasil maka Jakabaring Sport City bakal menjadi percontohan di dunia karena belum ada yang seperti ini, ada kawasan seluas 325 hektare yang bebas polusi," kata Alex.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016