Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Tinju Internasional (AIBA) menyatakan 11 petinju Rusia bersih dari doping dan berhak berkompetisi dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil.

"AIBA telah meakukan pemeriksaan berdasarkan rekam jejak anti-doping dari masing-masing petinju Rusia yang akan berkompetisi di Olimpiade Rio," kata Pejabat AIBA dalam keterangannya.

AIBA menyebut proses pemeriksaan tersebut saat ini telah rampung dan lembar konfirmasi telah diterima dari IOC.

"Berdasarkan ulasan dari IOC, 11 petinju Rusia tersebut saat ini berhak untuk berkompetisi di Olimpiade Rio 2016," ucap AIBA.

Berdasarkan laman web AIBA (aiba.org) pemeriksaan para petinju Rusia tersebut berdasarkan keputusan yang diambil oleh Biro Eksekutif IOC pada 24 Juli 2016 lalu.

Adapun petinju yang dinyatakan layak untuk bertanding di Olimpiade Rio 2016 yaitu, untuk bagian Putri: Anastassia Beliakova (60 kg) dan Iaroslava Iakushina (75 kg).

Sementara itu, untuk Putra yaitu, Vasilii Egorov (49 kg), Misha Aloian (52 kg), Vladimir Nikitin (56 kg), Adlan Abdurashidov (60 kg), Vitaly Dunaytsev (64 kg), Andrey Zamkovoy (69 kg), Artem Chebotarev (75 kg), Petr Khamukov (81 kg) dan Evgeny Tishchenko (91 kg).

Sebelumnya, atlet-atlet Rusia terancam untuk tidak ikut Olimpiade Rio de Janeiro karena skandal doping yang menimpa hampir pada setiap cabang olah raga.

IOC sendiri memutuskan untuk menyerahkan masalah kelayakan atlet Rusia berkompetisi di Rio pada federasi internasional setiap cabang olah raga. Demikian laporan Reuters.

(Uu.R030/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016