Jakarta (ANTARA News) - Kelompok relawan Orang Kita mendukung mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengikuti pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 berpasangan dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya, Sandiaga Uno.

Musisi yang menjadi ikon dan pemrakarsa Orang Kita, Ahmad Dhani, menyebut langkah tegas Rizal Ramli terkait polemik reklamasi Teluk Jakarta sebagai salah satu latar belakang utama keputusan kelompok relawan mendukung dia.

"Ketika Pak Rizal Ramli mau berjuang melawan, (mendukung) rakyat yang menolak reklamasi, ternyata malah dipecat, dari situ saya melihat ada satu tokoh yang berani," kata Dhani di kediamannya di Jakarta Selatan, Jumat.

"Maka dari itu, Orang Kita di sini mendeklarasikan Rizal Ramli dan Sandiaga Uno berpasangan untuk membela rakyat dan (mereka) tidak ada sangkut pautnya dengan pengembang," tambah dia.

Sebelum menyampaikan deklarasi, Orang Kita memutarkan sebuah tayangan video dokumenter yang isinya antara lain mengingatkan janji dan kontrak politik Joko Widodo (Jokowi) dengan warga Kampung Aquarium, Pasar Ikan, Penjaringan Jakarta Utara, saat kampanye untuk Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012.

Video itu menampilkan Jokowi menyampaikan orasi, berjanji membantu pengurusan sertifikat tanah warga yang sudah 20 tahun lebih tinggal di kampung, yang kemudian ditertibkan pada masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya yakin pasangan ini adalah pasangan yang tidak bersentuhan dengan pengembang, pasangan yang membela rakyat," kata Dhani.

Dhani menyebut pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Sandiaga Uno dan Rizal Ramli sebagai calon pemimpin DKI Jakarta yang "memiliki naluri prorakyat."



Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016