London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski mengatakan Polandia ingin lebih meningkatkan lagi kerja sama dengan negara-negara ASEAN, dimana perdagangan Polandia dan ASEAN saat ini baru sekitar USD 7 miliar, yang menurutnya masih kecil dari potensi yang dimiliki.

Hal itu disampaikan pada pertemuan "ASEAN Committee in Warsaw" (ACW) yang dipimpin Dubes RI Warsawa, Peter Frans Gontha dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN Committee in Warsaw (ACW) di Warsawa, demikian Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Warsawa, Jorrie Andrean kepada Antara London, Sabtu.

Pertemuan yang baru pertama kali diadakan sejak ACW berdiri tahun 2013 bertujuan untuk mengidentifikasi peluang peningkatan kerja sama antara ASEAN dengan Polandia.

Lebih lanjut Menlu Polandia juga mengatakan berkeinginan untuk meningkatkan kerja sama dengan ASEAN antara lain membuka pusat perdagangan di Ho Chi Minh, Vietnam, dan membuka kembali kedutaan besarnya di Filipina.

Sementara itu Dubes RI di Warsawa, Peter Frans Gontha dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN Committee in Warsaw (ACW) memimpin pertemuan ACW dengan Menteri Luar Negeri Polandia, Witold Waszczykowski menyampaikan potensi bagi peningkatan kerja sama ASEAN dan Polandia yang dapat dilakukan di berbagai sektor diantaranya pertanian, pelistrikan, kemaritiman, alat-alat kesehatan dan bidang pendidikan.

Dikatakannya jumlah penduduk ASEAN sekitar 622 juta penduduk yang didominasi usia muda merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan ketujuh di dunia. Modalitas tersebut membuat kerja sama antara ASEAN dan Polandia akan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Pertemuan yang berlangsung kondusif hadiri Kepala Perwakilan ASEAN di Polandia dan sejumlah pejabat teras Kementerian Luar Negeri Polandia diantaranya Wakil Menlu untuk kerja sama pembangunan, Afrika dan Timur Tengah, Joanna Wronecka, Direktur Multilateral, Zbiegniew Czech, Direktur Kebijakan Keamanan, Beata Peksa dan sejumlah wakil direktur serta staf.

Sementara dari negara ASEAN, hadir Dubes Thailand, Manasvi Srisodapol, Dubes Filipina, Patricia Ann Villar Paez, Dubes Vietnam, Pham Kien Thet dan Kuasa Usaha ad Interim Kedutaan Malaysia, Nur Azura Abd Karim.Pertemuan yang berlangsung kondusif dan suasana akrab, ditutup dengan foto bersama.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016