Makassar (ANTARA News) - Mahasiswa dari 13 negara siap meramaikan festival perdamaian yang dilaksanakan AIESEC Universitas Hasanuddin (Unhas) di Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar, Sulawesi Selatan, 6 Agustus 2016.

Design Creative and Communication MaRI, Jesse Rezky di Makassar, Sabtu, mengataan 13 negara yang mengirimkan wakilnya untuk memeriahkan kegiatan spesial itu diantaranya Tiongkok, Jerman, Ceko, Mesir, Thailand, Oman, Vietnam, Pakistan, Turki, Maroko, Portugal.Sri Lanka, Kyrgistan, Brazil, dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah.

"Para peserta dari puluhan negara itu merupakan mahasiswa pertukaran yang memang sudah berada di Makassar," jelasnya.

Ia menjelaskan, para mahasiswa lintas negara ini akan menampilkan berbagai rangkaian seni dan kebudayaan khas dari masing-masing negara termasuk pernak-pernik atau ciri khas dari negara tersebut.

Kegiatan ini sendiri, menurut dia, sengaja dibuat dengan konsep yang lebih santai sehingga pengunjung dapat berbaur dengan para peserta dan saling bertukar informasi mengenai kekayaan dan kebudayaan Indonesia.

"Untuk kegiatannya akan dimulai pada pukul 16.00 Wita. Kami dalam kesempatan ini uga sekaligus mengajak masyarakay untuk hadir dan menyaksikan seperti apa kebudayaan dari puluhan negara tersebut," jelasnya.

Mengenai kegiatan ini, lanjut dia, merupakan salah satu kegiatan komunitas yang memang secara konsisten di dukung MaRI sebagai bentuk implementasi dari pihak manajemen.

Apalagi, Manajemen MaRI dalam menyambut HUT RI Yang ke 71 tahun ini juga sengaja MaRI mengangkat tema perdamaian.

Tema ini merespon berbagai pencapaian Indonesia dalam mendukung perdamaian. Indonesia merupakan kontributor ke-10 pasukan pemeliharaan perdamaian PBB dari 124 negara yg menyumbang pasukan.

Sebagai pelaksanaan mandat konstitusi UUD 1945, kata dia, Indonesia ikut melaksanakan ketertiban dunia. Maka berangkat dari hal itu, sehingga untuk urusan perdamaian merupakan tugas bersama.

"MaRI Sepanjang agustus akan menggelar kegiatan yg berkaitan dengan persdamaian, termasuk menghadirkan 13 negara yg akan perform dalam festival perdamaian yang diselenggarakan oleh AIESEC Unhas," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016