Dengan seperti ini lebih efektif, tepat dalam pemberian bantuan serta tidak ada lagi kekhawatiran akan dipotong melalui pembayaran e-payment,"
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memperluas bantuan sosial yang diberikan secara digital dengan menggandeng Bank BNI setelah sebelumnya penyaluran bantuan dengan model seperti itu dilakukan di beberapa daerah di Jawa Timur, yakni Malang, Sidoarjo dan Mojokerto.

"Dengan seperti ini lebih efektif, tepat dalam pemberian bantuan serta tidak ada lagi kekhawatiran akan dipotong melalui pembayaran e-payment," katanya saat meresmikan e-Warung KUBE (Kelompok Usaha Bersama) bernama Warung Sidosermo Sejahtera di Sidosermo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Ia mengemukakan, dengan adanya model seperti ini akan memudahkan masyarakat penerima bantuan sosial untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

"Jika selama ini tugas dari Kemensos adalah bantuan program keluarga harapan maka dengan adanya e-warung ini bisa juga disalurkan bantuan atau subsidi yang lainnya seperti beras miskin, LPG 3 Kilogram dan juga pupuk bersubsidi," katanya.

Saat ini, pihaknya akan terus berkoordinasi supaya bantuan yang diberikan ini bisa terus dikembangkan seperti halnya bantuan listrik bersubsidi.

"Ini akan menjadi pintu masyarakat punya warung elektronik teregistrasi, karena sudah memiliki badan hukum yakni Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera," katanya.

Ia menambahkan sesuai data dari Kementerian Sosial sampai dengan Desember akan ada penambahan sebanyak 300 e-warung yang bisa mengkover sebanyak seribu PKH.

"Di tahun depan nantinya akan ada 300.000 e-warung yang nantinya akan bisa mengkover sebanyak tiga juga PKH," katanya.

Pada kegiatan yang sama, Menteri Negara BUMN Rini Sumarno mengatakan jika kegiatan ini sangat bagus karena kerja sama e-warung ini bisa membantu masyarakat kurang mampu.

"Selain itu, juga memberikan kesempatan meningkatkan pendapatan mengajarkan kemajuan ekonomi," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016