Tikrit, Irak (ANTARA News) - Sepuluh personel keamanan tewas dan tujuh lagi cedera saat tiga pengebom bunuh diri ISIS menyerang pos militer di satu desa di Irak Utara, Minggu (7/8), menurut sumber keamanan Irak kepada Xinhua.

Ketiga pengebom bunuh diri itu melepaskan tembakan ke arah pasukan keamanan di satu desa di dekat Qayyara, kota kecil yang dikuasai ISIS di 50 kilometer sebelah utara kubu utama ISIS, Mosul.

Serangan itu memicu bentrokan bersenjata sengit dengan tentara sebelum mereka meledakkan rompi mereka, kata sumber keamanan yang tak ingin jatidirinya disebutkan.

Bulan lalu, pasukan keamanan membebaskan beberapa desa di dekat Qayyara setelah merebut kembali satu pangkalan udara strategis, yang dipandang sebagai kemenangan besar karena pangkalan udara itu penting bagi pasukan dan pesawat tempur dalam upaya mereka menyerang ISIS guna membebaskan Mosul, 400 km utara ibu kota Irak, Baghdad.

Gerak maju tentara ke dalam Kota Qayyara adalah bagian dari operasi besar untuk membebaskan daerah-daerah di Mosul Selatan, termasuk Qayyara, dan mengepung Mosul dari selatan dan timur sebelum bergerak maju ke dalam kota dan mengusir anggota ISIS dari sana.

Irak telah menyaksikan kerusuhan parah sejak ISIS merebut kendali beberapa bagian barat dan utara negeri tersebut pada Juni 2014. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016