Jakarta (ANTARA News) - Pijakan lapak dagang elektronik, Lazada Indonesia, berkomitmen membantu memajukan pelaku usaha kecil menengah lokal untuk memasuki pasar global.

Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm, mengungkap proyek percontohan Lazada Indonesia untuk menjual barang hasil produksi Indonesia ke luar negeri melalui Lazada Malaysia.

"Pilot project dimulai dari Lazada Malaysia di mana konsumer Malaysia bisa membeli produk asli Indonesia," kata dia, dalam temu media, di Jakarta, Senin.

"Konsumen Kuala Lumpur, misalnya, ingin membeli produk Indonesia hanya di toko-toko besar, kami ingin mengubah hal itu. Kami ingin menumbuhkan kesempatan bagi UKM untuk tidak hanya menjual ke luar negeri tapi juga memperluas lapangan pekerjaan," sambung dia.

Alasan dipilihnya Malaysia, Menurut Florian, adalah lokasinya yang dekat dengan Indonesia, dan juga selera pasar yang hampir sama.

"Yang paling penting adalah kami memahami jumlah produksi para pedagang. Jika saya meminta lebih banyak orderan, mereka tidak akan sanggup," ujar dia.

"Dan, jika saya membuka pasar lebih luas lagi mereka mungkin tidak dapat memenuhi, untuk itu kami step by step," lanjut dia.

Lebih lanjut, Florian mengatakan bahwa tahapan pertama untuk pilot project tersebut adalah dengan menggunakan konsep retail dimana Lazada Malaysia membeli langsung produk-produk dari pedangag Indonesia yang kemudian ditawarkan di situs Lazada Malaysia.

"Kami sudah mulai menjual produk-produk Indonesia di Lazada Malaysia sejak minggu lalu, dan responnya cukup menggembirakan, kami senang," pungkas dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016