Jakarta (ANTARA News) - Rute Jakarta-Jayapura merupakan rute perdana yang akan diterbangkan melalui Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang akan beroperasi mulai nanti malam pukul 00.01 WIB terhitung pada 9 Agustus 2016.

"Rute yang akan terbang nanti Jakarta-Jayapura pukul 01.20 WIB, semua sudah disiapkan boarding dan lainnya," kata Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Benny S Butarbutar saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat yang akan melakukan penerbangan diminta bersiap untuk "check in" dan "boarding" melalui terminal baru tersebut.

Dihubungi terpisah, Head of Corporate Secretary and Legal AP II Agus Haryadi memastikan Terminal-3 Bandara Soetta resmi beroperasi untuk penerbangan domestik Maskapai Garuda Indonesia.

"Garuda sudah pasti keseluruhan nanti malam pukul 00.01 WIB, termasuk peresmian fasilitas pendukung, seperti boarding lounge, premier lounge," katanya.

Agus mengatakan perpindahan maskapai lainnya ke Terminal 1 dan 2 secara bertahap dan butuh waktu sekitar satu minggu untuk kembali beroperasi.

Nantinya, lanjut dia, Terminal 2F akan diisi oleh maskapai AirAsia Indonesia dan Nam Air, sementara untuk penerbangan internasional sendiri masih menempati di Terminal 2D sampai Maret 2017.

Sementara itu, lanjut dia, Lion Group seluruh maskapai yang berada di bawah operasinya akan menempati Terminal 1.

"Terminal 3 yang lama juga akan kita kita tutup karena merupakan bagian dari Terminal 3 yang baru, butuh waktu sekitar enam bulan untuk proses harmonisasinya," katanya.

Agus mengatakan baik PT Angkasa Pura II maupun Garuda Indonesia sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang perpindahan serta pengoperasian Terminal 3 tersebut.

"Kami juga menyiapkan banyak personel untuk mengarahkan penumpang Garuda domestik yang tidak tahu, untuk ke Terminal 3," katanya.

Pernyataan tersebut menyusul kabar yang beredar tentang perpindahan Garuda ke Terminal 3 dan maskapai lainnya ke Terminal 1 dan 2.

"Kabar itu ada yang benar dan ada yang tidak, yang jelas Garuda penerbangan domestik sudah pasti nanti malam mulai beroperasi di Terminal 3 yang lainnya masih berproses," katanya.

Dalam informasi yang beredar tersebut, dikatakan Terminal 3 New akan mulai beroperasi pada tanggal 9 Agustus 2016 pada jam 03.00 untuk semua keberangkatan dan kedatangan.

Kemudian, Hanya penerbangan Garuda Domestik yang akan beroperasi di Terminal 3 Baru, Garuda International dan non Garuda International akan pindah pada tahun 2017 dan Terminal 3 lama akan closed pada tanggal 12 Agustus 2016.

Maskapai penerbangan yang beroperasi di terminal 3 lama akan pindah, Air Asia ke Terminal 2E, Lion ke Terminal 1B, Sriwijaya dan Nam Air mengisi Terminal 2F yang di tinggal Garuda Domestik.

Terminal 2D tidak berubah untuk semua maskapai penerbangan international, Garuda international tetap beroperasi di terminal 2E, Batik Air dan Citilink tetap di 1C.

Semua penerbangan Lion domestik berada di terminal 1A B dan C kecuali Lion International di 2E.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016