Tangerang (ANTARA News) - Gubernur Banten, Rano Karno, mengingatkan kepada seluruh jamaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah rukun Islam kelima karena kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah bisa mencapai di atas 40 derakat celcius.

"Jaga selalu kondisi selama menjalankan ibadah. Karena akan ada perbedaan cuaca antara di Indonesia dan saat di Mekkah maupun Madinah," kata Gubernur Banten, Rano Karno saat melakukan pelepasan kloter pertama Provinsi Banten di Masjid Al Azhom Kota Tangerang, Senin.

Ia juga menjelaskan jika saat ini, waktu tunggu antrian kuota haji dari yang awalnya 18 tahun telah menjadi lima tahun.

"Alhamdulillah jamaah haji kita sekarang tidak perlu lama menunggu antrian kuota haji, kalau dulu sampai 18 tahun sekarang sudah tinggal 5 tahun," Jelas Rano.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah yang juga ikut mendampingi Gubernur Banten melepas kloter pertama dari Provinsi Banten, mendoakan agar para jamaah haji Kota Tangerang bisa menjadi haji yang mabrur dan terus dikaruniakan kesehatan dan kemudahan oleh Allah SWT selama menjalankan ibadah haji.

"Doakan Kota tangerang dan doakan Provinsi Banten senantiasa mendapatlan Rahmat Allah SWT. Sekembalinya nanti dari Ibadah Haji semoga bisa membumikan nilai-nilai Al quran di bumi Akhlakul Karimah," ujarnya.

Wali Kota juga berharap agar para jamaah haji Kota Tangerang bisa berlaku disiplin selama menjadi tamu Allah di tanah suci.

"Terimakasih kepada semua jajaran Departemen Agama dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan ibadah suci warga Kota Tangerang," katanya.

Pada hari ini, sebanyak 338 jamaah haji asal Kota Tangerang telah diberangkatkan dan merupakan kloter kedua tingkat nasional atau pertama di Provinsi Banten.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten menyebutkan, jumlah calon haji asal Banten tahun 2016 tercatat ada 6.786 jamaah yang berasal dari delapan kabupaten/kota.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016