New York (ANTARA News) - Bintang pop Sia akan tampil dalam rangkaian konser pemilu Amerika Serikat (AS) untuk menunjukkan dukungan pada hak aborsi menurut pengumuman penyelenggara Senin (8/8).

"Ada banyak dukungan di luar sana untuk masyarakat inklusif dan adil, dan ini saatnya kita menunjukkan kekuatan bersama kita," kata ujar Sia, pelantun lagu "Chandelier", "Titanium" dan "Cheap Thrills", dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita AFP.

Penyanyi pop terkenal asal Meksiko, Natalia Lafourcade, juga akan tampil di konser pada 10 September di Cleveland tersebut, yang akan disusul dengan konser-konser lain di Atlanta, Chicago, Miami dan Philadelphia.

Koalisi aktivis pembela hak aborsi All Access mengatakan konser itu, bersama beberapa acara lainnya yang lebih kecil di Amerika Serikat, ditujukan untuk memobilisasi para pendukung hak aborsi, salah satu poin perdebatan utama dalam politik Amerika Serikat.

Mahkamah Agung melegalkan aborsi di tingkat nasional dalam keputusan Roe v. Wade tahun 1973, namun parlemen yang secara moral menentang aborsi meningkatkan penerapan regulasi untuk mengurangi akses perempuan terhadap layanan aborsi.

Menurut All Access, hampir 90 persen daerah di Amerika Serikat  tidak memiliki penyedia layanan aborsi.

Konser di Cleveland juga akan menampilkan komedian Leslie Jones, yang membintangi film "Ghostbusters."


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016