Sosialisasi ini berupa program edukasi kesehatan khususnya bagi pedagang, tukang ojek, serta buruh lainnya,"
Padang (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengadakan sosialisasi program edukasi kesehatan ke sejumlah pasar tradisional di provinsi tersebut.

"Sosialisasi ini berupa program edukasi kesehatan khususnya bagi pedagang, tukang ojek, serta buruh lainnya," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang, Dewi Manik Imannuri di Padang, Selasa.

Ia menambahkan edukasi kesehatan tersebut bertujuan untuk mengubah perilaku individu, kelompok, masyarakat dalam memelihara prilaku sehat, serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan yang optimal.

Seterusnya empat program edukasi tersebut yakni program jaminan kematian, program tabungan hari tua, program kecelakaan kerja, serta program pensiunan.

"Dari keempat program tersebut dalam sosialisasi ke sejumlah pasar tradisional hanya tiga diberlakukan, kecuali program pensiun," ujar dia.

Proses pendaftarannya yaitu dengan cara mengisi formulir peserta BPJS, dan melampirkan fotokopi KTP satu lembar.

"Setiap pendaftaran tersebut peserta boleh memilih tiga dari program tersebut," lanjutnya.

Bagi peserta memilih dua program yakni ketenagakerjaan dan kematian pendaftarannya sebesar Rp16.800. Kalau tiga program ditambah dengan jaminan hari tua pendaftarannya Rp36.800.

Selanjutnya, sosialisasi tersebut dalam Agustus 2016 ini baru berjalan ke sejumlah pasar tradisional di Sumbar yakni ke sejumlah Pasar Pariaman, Pasar Lubuk Buaya, dan sekarang di Pasar Bandar Buat Kota Padang.

Setelah selesai sosialisasi di sejumlah pasar di Kota Padang ini, selanjutnya berencana bersosialisasi lagi ke sejumlah pasar tradisional di Sumbar.

Salah seorang pedagang di Pasar Bandar Buat, Ardiansyah ikut mendaftar program BPJS tersebut.

"Saya memilih tiga program, yakni program ketenagakerjaan, kematian, dan jaminan hari tua," ungkap dia.

Pewarta: MR Denya Utama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016