Gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), full day school itu, hampir mirip usulan saya sekolah lima hari saja dalam sepekan,"
Boyolali (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan usulan sistem full day school atau sekolah sehari penuh untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) bisa diterapkan untuk karakter daerah perkotaan.

"Gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), full day school itu, hampir mirip usulan saya sekolah lima hari saja dalam sepekan," kata Ganjar Pranowo usai acara pemberangkatan Calon Haji Embakasi Surakarta, di Boyolali, Selasa.

Menurut Ganjar, dengan sekolah lima hari, otomatis waktu belajar di sekolah akan bertambah hingga sore hari.

Ganjar mengatakan dari evaluasi sekolah lima hari ada daerah yang siap dan ada yang tidak siap. Daerah perdesaan belum siap dengan waktu sekolah hingga sore hari.

Menurut Ganjar full day school tersebut kemungkinan hanya di daerah perkotaan yang siap. Karakter perkotaan akan banyak yang sudah siap. Hal itu juga perlu disampaikan kepada orang tua.

"Saya dahulu juga banyak diprotes soal sekolah lima hari saja," kata Ganjar.

Baca Juga : Kak Seto : masyarakat tidak reaktif terhadap rencana Mendikbud

Oleh karena itu, kata Ganjar, hal tersebut perlu diintegrasikan, artinya sebuah sistem yang mengalami pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh.

"Siswa setiap hari belajar dari pagi hingga sore akan lebih konsentrasi, sedangkan orang tua juga tidak akan terganggu," kata Ganjar.

"Anak daerah perdesaan belum siap, karena dia setiap pulang sekolah sering diminta membantu orang tuanya bekerja. Karakter pedesaan jika diterapkan akan timbul masalah baru soal transportasi misalnya," katanya.

Menurut Ganjar, di daerah perkotaan hanya tinggal mendorong untuk penerapan sistem full day school, sedangkan di perdesaan akan muncul problem baru jika pulang sekolah hingga sore, misal masalah transportasi.

"Kami sudah mencoba lima hari sekolah dalam sepekan, tetapi tidak semua daerah bisa," kata Ganjar. 

Baca Juga : "Full Day School" baik asalkan sekolah tak membosankan         

Dengan sistem full day school yang diwacanakan Mendikbud tersebut secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya, dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari bekerja.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016