London (ANTARA News) - Lagu Wonderful Indonesia, Circle of Life, dan Santorini yang dimainkan dengan alat musik angklung oleh kelompok musik angklung SMA Negeri 3 Bandung menghibur undangan pada peringatan HUT ke-49 Association of South East Asian Nations (ASEAN), yang diadakan di halaman Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, Senin.

Duta besar negara-negara ASEAN di Den Haag, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam bersama-sama mengibarkan bendera ASEAN di halaman premis Indonesia itu, sebagaimana dinyatakan diplomat di Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, Azis Nurwahyudi, Selasa.

Grup angklung SMA Negeri 3 Bandung ini baru saja meraih predikat terhormat pada Festival Musik Pemuda Internasional, di Bratislava, Slovakia, dengan menyabet dua penghargaan yakni Folks Instrumentals dan Ensemble with Free Instrument.

Selain memainkan lagu, mereka juga menampilkan tarian tradisional dari Jawa, Sumatra, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

Dalam pidato sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Wesaka Puja, menyampaikan, selama kurun waktu 49 tahun, masyarakat di negara ASEAN telah menikmati stabilitas politik yang baik sehingga negara-negara di sana dapat membangun. 

Namun demikian, masih ada tantangan yang dihadapi ASEAN antara lain perkembangan dunia yang cepat berubah, pun bagaimana sentralitas ASEAN dapat terus terjaga.

Sementara itu Duta Besar Thailand untuk Belanda, Ittiporn Boonpracong, yang menjabat sebagai ketua Komite ASEAN di Den Haag, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh negara ASEAN dan juga tentang perkembangan kegiatan komite yang baru setahun terbentuk. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016