New York (ANTARA News) - Sebuah penelitian oleh S&P Global Ratings menunjukkan bahwa beberapa negara bagian AS tidak siap menghadapi resesi ekonomi, terhambat oleh "rebound" lambat dalam pertumbuhan ekonomi AS menyusul kerusakan yang ditimbulkan resesi besar.

Ketidakseimbangan fiskal, pertumbuhan penerimaan pajak negara bagian yang lebih lambat dan meningkatnya pengeluaran pada layanan sosial telah memberikan kontribusi terhadap lanskap ekonomi yang menantang ketika PDB riil hanya meningkat 2,1 persen per tahun sejak 2009, S&P mengatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada Selasa.

Pertumbuhan PDB riil AS 2,43 persen pada 2014 dan 2015 dibandingkan dengan tingkat pra-resesi 3,79 persen pada 2004 dan 3,35 persen pada 2005, menurut data dari Bank Dunia.

Untuk menentukan kapasitas fiskal negara bagian menahan hipotetis resesi tahun pertama, S&P mengambil sampel 10 negara bagian, kata laporan itu.

Studi ini menemukan bahwa kekurangan pendapatan kolektif akan mengurangi cadangan anggaran gabungan negara-negara bagian AS sebesar 5,4 miliar dolar AS.

Dari 10 negara bagian yang diteliti, beberapa memiliki cadangan anggaran setara kurang daripada separuh "potensi kekurangan pendapatan" pada tahun pertama dari resesi intensitas sedang. Ini termasuk Illinois, Pennsylvania, New Jersey dan Connecticut.

Washington, Florida dan New York lebih baik, dengan saldo cadangan melebihi potensi kekurangan. Negara-negara bagian sampel lainnya, California, Massachusetts dan Wisconsin, jatuh di antara kedua kelompok tersebut.

"Keselarasan fiskal" merupakan indikator penting dari kemampuan suatu negara untuk rekapitalisasi cadangan anggaran, kata laporan itu.

"Bukan sebuah kebetulan, dalam pandangan kami, bahwa empat negara bagian dalam evaluasi kami menemukan fiskal paling rentan terhadap resesi juga memiliki kesulitan dengan ketidakseimbangan anggaran struktural yang kronis," katanya.

Negara bagian juga telah meningkatkan pengeluaran untuk kesejahteraan masyarakat, seperti bantuan medis dan manfaat pensiun.

Pengeluaran atas hak tersebut meningkat menjadi 40 persen pada 2013 dari 34 persen pada 1995 dari total belanja negara bagian, kata laporan itu.

Ini telah mengurangi kemampuan negara bagian untuk membiayai infrastruktur dan pendidikan tinggi - usaha-usaha pro-pertumbuhan, katanya.

Keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada Juni dan pelambatan tingkat pertumbuhan pekerjaan di Amerika Serikat telah meningkatkan kekhawatiran ekonomi.

Namun, dikatakan hanya masih ada peluang 20 sampai 25 persen resesi akan terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016