Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina Persero menyatakan, produk bahan bakar khusus (BBK) terbarunya Pertamax Turbo akan langsung tersedia di SPBU-SPBU Jabodetabek setelah diluncurkan, Kamis (11/8/2016).

Pernyataan itu disampaikan oleh Vice President Communication Pertamina Wianda Purponegoro mengenai produk terbaru Pertamina yang beroktan tinggi dan diperuntukkan bagi kendaraan-kendaraan supercar berteknologi tinggi.

"Kita langsung siapkan di berbagai SPBU di Jabodetabek," kata Wianda ketika dihubungi ANTARA News di Jakarta pagi ini.

Namun, Wianda menolak untuk mengungkapkan harga eceran Pertamax Turbo tersebut dan mengatakan itu akan dijelaskan saat peluncuran 11 Agustus 2016.

"Harga resmi saat launching besok 11 Agustus."

Wianda memastikan bahwa Pertamax Turbo berkualitas lumayan lebih tinggi dibanding Pertamax dengan kandungan RON (Research Octane Number) 98, artinya jauh lebih baik dari produk Shell, V Power maupun Shell Super, yang masih di bawah 95.

"RON 98 harga di atas Pertamax," jelas Wianda mengenai Pertamax Turbo yang juga dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF).

Sekedar informasi bahwa harga Pertamax dan Pertamax Plus di DKI Jakarta per 1 Agustus lalu masing-masing Rp7.350 dan Rp8.250 per liter, menurut data Pertamina terbaru.

Beberapa waktu lalu, Pertamina juga sudah meluncurkan Pertamax Turbo di Belgia. Peluncuran ditandai dengan pengisian Pertamax Turbo ke mobil balap oleh Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Affandi di sela balap Lamborghini Blancpain Supertrefeo Series di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat (29/7).

Dalam kesempatan itu, Wianda mengatakan bahwa Pertamax Turbo merupakan tindak lanjut dari kerja sama Pertamina sebagai technical partner Lamborghini, di mana kedua belah pihak bersama mengembangkan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin dengan teknologi tinggi.

Pertamax Turbo juga sudah diuji coba di ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European pada awal Januari 2016 di Sirkuit Vallelunya, Italia, melalui kerja sama Pertamina dengan Centro Petroli Roma (CPR) yang juga mitra Lamborghini.

Sebelumnya, Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina Lubricants juga telah memproduksi pelumas kualitas tinggi dalam lingkup kerja sama dengan Lamborghini, di antaranya Fastron Platinum. Pelumas yang juga didedikasikan untuk supercar berteknologi tinggi.

Dexlite turun

Per 1 Agustus lalu, seperti disampaikan dalam pernyataannya, Pertamina telah menurunkan harga Dexlite, bahan bakar diesel dengan kandungan Cetane (Cetane Number) di atas solar tapi masih di bawah Pertamina Dex.

Harga Dexlite turun Rp300 per liternya menjadi hanya Rp6.450 per liter menyusul cukup positifnya penerimaan masyarakat terhadap bahan bakar diesel terbaru Pertamina tersebut.

Sementara harga Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan juga Pertalite tetap atau dipertahankan. Sebagai contoh, harga Pertamax di Jakarta dan sekitarnya bertahan pada posisi Rp7.350 per liter, sedangkan Pertamina Dex Rp8.100 per liter.

Pewarta: Suryanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016