Jakarta (ANTARA News) - Seperti diketahui persaingan di dunia kerja yang sangat kompetitif dewasa ini telah menuntut para lulusan perguruan tinggi untuk memiliki tingkat profesionalitas yang handal, yang ditandai dengan tingkat kemahiran yang tinggi di bidangnya.

Tak terkecuali, dunia arsitektur. Bidang ini juga menuntut para calon arsitek memiliki keahlian tinggi dalam penggunaan beragam jenis disain piranti lunak (software design) diantaranya teknologi CAD, sehingga mampu meningkatkan proses penciptaan disain kreatifnya.

Berangkat dari keinginan tersebut, PT Piranti Nusantara Teknologi (PT Piranusa) memulai kerjasama dengan tiga Perguruan Tinggi Jurusan Arsitektur ternama yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Pelita Harapan (UPH).

"Melalui kerjasama ini kami berharap turut berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang teknologi design CAD," kata Kho Sin Hien dari Piranusa, mewakili  perusahaan penyedia software CAD, ZWSOFT, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima ANTARA News, Rabu.

ZWSOFT pada bulan ini resmi meluncurkan perangkat lunak CAD terbaru yaitu ZWCAD 2017. ZWCAD sendiri adalah solusi CAD untuk memenuhi kebutuhan dalam industri disain 2D/3D. ZWCAD hingga kini aktif digunakan di lebih dari 80 negara dan tercatat digunakan oleh lebih dari 800.000 pengguna.

Sementara itu, Kepala Jurusan Arsitekur Institut Teknologi Bandung, Aswin Indraprastha, menyambut baik upaya PT Piranusa yang memberikan kontribusi aktif untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa arsitekturnya terutama dalam bidang teknologi disain 2D/3D.

"Peran ZWCAD dengan memperkenalkan perangkat lunak CAD terbaru yang dapat memberikan solusi CAD dengan efisiensi biaya namun tetap handal dalam memenuhi kebutuhan industri disain 2D/3D, sangat kami apresiasi," ujar dia.

"Karena langkah tersebut memberi solusi efisiensi biaya bagi para mahasiswa arsitek kami seiring dengan makin mahalnya harga softsware CAD di pasaran belakangan ini," tambah dia.

Kesepakatan kerja sama antara PT Piranusa dengan ketiga Perguruan Tinggi itu menandai dimulainya kegiatan sosialisasi dan kompetisi gambar menggunakan ZWCAD di Jurusan Arsitektur di masing-masing Perguruan Tinggi tersebut.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016