Kolaka (ANTARA News) - Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, mengalami peningkatan hingga 181 persen pada tahun 2016, demikian menurut Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kolaka Muhammad Danial.

"Periode bulan Juni tahun 2015 tenaga kerja yang terdaftar dalam program BPJS hanya 2.850 namun pada tahun 2016 jumlah itu meningkat sampai 5.166 tenaga kerja," kata Danial di Kolaka, Rabu.

Pada tahun 2015 kepesertaan perusahaan dalam pendaftaran tenaga kerja hanya berkisar 110 perusahaan namun pada tahun 2016 naik menjadi 310 perusahaan.

BPJS Ketenagakerjaan kini menyelenggarakan empat program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Danial juga optimis empat program itu akan diminati oleh masyarakat khususnya Jaminan Pensiun yang baru dilaksanakan pada tahun 2015 dan menjadi primadona masyarakat.

"Kalau program Jaminan Pensiun sangat diminati oleh masyarakat karena jaminan ini merupakan program baru," ungkapnya.

Danial mengatakan Kabupaten Kolaka sangat potensial untuk BPJS Ketenagakerjaan khususnya pada sektor tenaga kerja mandiri seperti nelayan, petani dan pengendara ojek.

"Bahkan sektor ini juga melayani tenaga honorer Pemkab Kolaka serta aparat desa yang didaftar dalam BPJS ketenagakerjaan," jelasnya.

Pewarta: Darwis sarkani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016