Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyatakan kasasi yang dijatuhkan kepada pengacara senior Otto Cornelis Kaligis menjadi pesan bagi para pengacara lain agar menjalankan peran sebagai penegak hukum.

"Jadi KPK mengapresiasi putusan yang dikeluarkan MA. Sekaligus ini sebenarnya pesan bagi para pengacara bahwa advokat itu dia juga penegak hukum. Jadi harus memberikan contoh kepada yang lain. Sehingga diharapkan dengan keputusan ini juga bisa lebih hati-hati bagi pengacara dan advokat," kata Laode di Jakarta, Kamis.

Majelis kasasi yang terdiri atas Artidjo Alkostar, Abdul Latief dan Krisna Harahap pada 10 Agustus 2016 memperberat vonis terhadap OC Kaligis dari tadinya 7 tahun penjara di tingkat banding menjadi 10 tahun penjara. Majelis juga menambah denda yang harus dibayar Kaligis dari hanya Rp300 juta menjadi Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Putusan kasasi tersebut sama seperti tuntutan jaksa penuntut umum KPK yang meminta agar Kaligis dihukum selama 10 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan karena menyuap Tripeni Irianto Putro selaku ketua majelis hakim PTUN Medan sebesar 5 ribu dolar Singapura dan 15 ribu dolar AS, dua anggota majelis hakim yaitu Dermawan Ginting dan Amir Fauzi masing-masing 5 ribu dolar AS serta Syamsir Yusfan selaku Panitera PTUN Medan sebesar 2 ribu dolar AS sehingga totalnya 27 ribu dolar AS dan 5 ribu dolar Singapura.

"Keputusannya sudah sesuai tuntutan KPK," ungkap Laode.

Laode pun mempersilakan bila OC Kaligis ingin mengajukan Peninjauan Kembali.

"Kalau beliau ingin melakukan upaya hukum luar biasa itu kan hak dari terpidana. Silakan saja. Tapi kami di KPK merasa itu sudah pas," tambah Laode.

Terkait perkara ini, sejumlah pihak juga sudah dijatuhi vonis yaitu hakim Tripeni Irianto Putro, Dermawan Ginting dan Amir Fauzi divonis 2 tahun penjara, panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan sudah divonis 3 tahun penjara sedangkan mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho divonis 3 tahun penjara, istrinya Evy Susanti divonis 2,5 tahun penjara.

Menurut anak OC Kaligis, Velove Vexia, ayahnya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK).

"Pasti kita akan PK. Papa akan berjuang," Velove Vexia di gedung KPK, Kamis.

Menurut Velove putusan kasasi tersebut tidak adil.

"Aku akan bilang ini tidak adil, hakim yang terlibat dalam masalah ini kan cuma 3 dan 4 tahun. Aku merasa ada yang tidak, ya sudah aku mohon doanya saja semoga papa sehat," tambah Velove.

Kasasi tersebut sama seperti tuntutan jaksa penuntut umum KPK yang meminta agar Kaligis dihukum selama 10 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan karena menyuap Tripeni Irianto Putro selaku ketua majelis hakim PTUN Medan sebesar 5 ribu dolar Singapura dan 15 ribu dolar AS, dua anggota majelis hakim yaitu Dermawan Ginting dan Amir Fauzi masing-masing 5 ribu dolar AS serta Syamsir Yusfan selaku Panitera PTUN Medan sebesar 2 ribu dolar AS sehingga totalnya 27 ribu dolar AS dan 5 ribu dolar Singapura.

OC Kaligis terbukti berdasarkan pasal 6 ayat 1 huruf a UU No 31 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

(D017/R021)

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016