Sijunjung,  (ANTARA News) - Kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016 yang biasanya dimulai start pukul 10.00 WIB khusus untuk etape tujuh dari Sijunjung menuju Dharmasraya, Jumat, berlangsung lebih pagi yaitu pukul 08.00 WIB.

Dimajukannya waktu start kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini adalah untuk menghormati para pebalap maupun official Muslim untuk menjalankan sholat Jumat.

 Ada 82 pebalap yang akan berjuang untuk menjadi yang terbaik. Mereka dipastikan akan bersaing ketat di lintasan yang dominasi lintasan datar itu. Pebalap dengan spesialisasi sprinter kemungkinan besar akan mendominasi kejuaraan yang telah masuk seri delapan ini.

Balapan sendiri dimulai dari Sijunjung. Kota ini juga dikenal dengan rumah adat gadang yang sudah berusia ratusan tahun. Selepas dari Sijunjung, semua pebalap akan langsung beradu cepat meski terdapat titik king of mountain (KOM) tepatnya di km 43,1. Setelah itu adu sprint bisa dipastikan akan terjadi karena lintasan balap akan memanjakan pebalap dengan spesialisasi sprint.

 Memasuki Dharmasraya semua pebalap juga dihadapkan lintasan yang sama hingga masuk finis di Gelanggang Olahraga kota tersebut. Nama Dharmasraya sendiri merupakan salah satu nama Kerajaan Melayu yang berdiri pada abad 12 hingga 14. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan peninggalan arkeolog seperti candi maupun arca.

Balapan Tour de Singkarak sendiri saat ini terjadi persaingan sengit antara pebalap Indonesia yaitu Dadi Suryadi yang memperkuat Terengganu Cycling Team Malaysia dengan Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team Iran untuk menjadi pemuncak klasemen atau pemegang yellow jersey.

 
Namun, persaingan mereka juga akan mendapatkan perlawanan dari pebalap yang akan menjuarai etape tujuh. Apalagi, sejak etape pertama tidak ada pebalap yang dominan atau dalam artian bisa menang lebih dari satu etape yang sudah dilombakan.

Beberapa nama seperi Jang Jyunggu dari Korail Cycling Team, Korea Selatan, Ricardo Garcia dari Kinan Cycling Team Jepang hingg pebalap dari Singha Infinite Cycling Team Singapura diperkiraan akan menyodok untuk mengejar juara etape.

Khusus untuk Amir dan Dadi diperkirakan akan tetap bermain aman demi mengontrol jalannya perlombaan. Posisi kedua pebalap dalam klasemen sementara jauh mengungguli pebalap yang lain. Amir membukukan total catatan waktu 19:46:11, sedangkan Dadi dibelakangnya dengan selisih waktu satu menit 22 detik.

  "Saat ini kami fokus mengamankan jersey yang kami pakai. Makanya, kami akan terus menjaga pebalap yang dengan kami termasuk pada balapan besok," kata pebalap Pishgaman Cycling Team, Iran, Amir Kolahdouz.

Pebalap dengan nomor start satu itu saat ini memegang tiga gelar sekaligus yaitu yellow jersey sebagai pemimpin perlombaan, green jersey sebagai predikat raja sprint dan polkadot jersey atau lebih dikenal dengan raja tanjakan. Sedangkan predikat pebalap Indonesia tercepat (red white jersey) dipegang Dadi Suryadi.

Melonjaknya prestasi Dadi Suryadi disambut baik oleh pelatih Timnas Indonesia, Wawan Setyobudi. Menurut dia, prestasi bagus pebalap asal Sumedang, Jawa Barat itu akan menguntungkan Indonesia. Apalagi, Dadi akan menjadi tulang punggung timnas pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016