Teheran (ANTARA News) - Iran sedang mempersiapkan pemberian izin bagi perusahaan-perusahaan lokal guna mengimpor iPhone untuk pertama kalinya demi membendung penyelundupan produk Apple, menurut warta media pemerintah pada Kamis (11/8).

Kementerian Perdagangan Iran meminta izin dari Organisasi Promosi Perdagangan negara tersebut untuk memperbolehkan sembilan perusahaan Iran mengimpor iPhone menurut warta kantor berita Tasnim.

Toko-toko Apple tidak resmi bertebaran di pusat perbelanjaan kelas atas Teheran, dan banyak pemuda dan penduduk kaya negeri itu menggunakan iPhone model terbaru.

Pemerintah kebanyakan menutup mata terhadap penyundupan besar-besaran telepon genggam dan produk negara Barat lainnya tapi Tasnim mewartakan bahwa dalam dua bulan terakhir penindakan telah dilakukan dan mengakibatkan harga iPhone melonjak.

Tasnim menyebut Iran sedang bersiap mendaftarkan telepon genggam untuk pertama kalinya sebagai bagian dari upaya antipenyelundupan, dan bahwa hanya telepon yang diimpor secara legal yang bisa dioperasikan setelah sistem baru diberlakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Bahkan jika izin diberikan, masih belum diketahui apakah perusahaan-perusahaan Iran bisa membeli iPhone secara internasional, mengingat Iran masih dikenai saksi Amerika Serikat yang memblokir sebagian besar sistem perbankan internasional, demikian menurut warta kantor berita AFP.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016