Denpasar (ANTARA News) - Universitas Terbuka (UT) mengembangkan program pendidikan mulai dari diploma, S-1 maupun S-2 dan ke depannya mengembangkan program doktor (S-3) dan pendidikan berkelanjutan.

"Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi memberi dampak terhadap berbagai sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan," kata Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D pada acara penyerahan Ijasah di Unit Program Belajar Jarak Jauh UT Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, dalam menjalankan program, perguruan tinggi jarak jauh ini siap bekerja sama dengan mitra dari Perguruan Tinggi di Bali, dengan berkolaborasi meningkatkan jenjang pendidikan dari program diploma Program Studi Manajemen maupun Akuntansi ke jenjang S1.

Demikian pula UT mengembangkan program linierisasi program PGSD dan PGPAUD bagi lulusan sarjana dengan latar belakang bukan PGSD maupun PGPAUD dengan program Alih Kredit dan Pengakuan Masa Mengajar (AKPMM) PGSD maupun PGPAUD.

Program tersebut, tentu dalam upaya ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), maka UT mengembangkan langkah-langkah strategis seperti peningkatan kualitas proses belajar, peningkatan kompetensi lulusan melalui kurikulum yang terintegrasi, dan pengembangan program yang dibutuhkan masyarakat.

Tian Belawati menambahkan, di Era digital sekarang ini, fasilitas UT sudah selangkah lebih maju dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa yang lebih baik, sekaligus mnyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, maka dari sekarang sudah berada pada posisi untuk menyiapkan generasi emas penerus bangsa Indonesia.

Sementara itu generasi emas sekarang dihadapkan pada tantangan yang sangat

kompleks. Untuk itu UT mengupayakan peningkatan kualitas program studinya dengan mengembangkan materi bahan ajar serta dipadukan dengan teknologi pendidikan yang tujuannya adalah meningkatkan kualitas SDM peserta didik yang berdaya saing.

Rektor UT Tian Belawati juga menjelaskan, pihaknya senantiasa meningkatkan sarana dan prasarananya supaya mampu mencerminkan fasilitas kerja yang memadai dan dikelola secara profesional untuk memberikan pelayanan dengan kualitas prima.

"Kami pada kesempatan ini mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar yang telah memberi sebidang tanah, tempat mendirikan bangunan gedung dan fasilitas kerja UPBJJ-UT Denpasar untuk menjalankan aktivitas dalam pelayanan kepada mahasiswa UT di Provinsi Bali," katanya.

Pewarta: IK Sutika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016