Puerto Ordaz, Venezuela (ANTARA News) - Venezuela dan Kolombia pada Kamis (11/8) sepakat membuka kembali pedestrian perlintasan perbatasan di antara kedua negara, satu tahun setelah Venezuela menutup garis depannya dalam sengketa keamanan.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan dia dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro sepakat membuka lima pedestrian perlintasan batas selama 15 jam sehari sebagai langkah pertama untuk "membuka perbatasan secara bertahap."

Dalam perundingan di kota Puerto Ordaz, Venezuela, kedua pemimpin mengatakan mereka telah mengkaji kembali laporan-laporan dari penasihat mereka mengenai penyelundupan dan keamanan lintas perbatasan.

Presiden Nicolas Maduro menutup perbatasan di wilayah barat negaranya yang membentang sepanjang 2.200 kilometer pada Agustus setelah sebuah serangan terhadap patroli angkatan darat Venezuela.

Dia mengatakan pada saat itu bahwa paramiliter sayap kanan Kolombia adalah pelakunya.

Maduro sempat membuka perbatasan beberapa pekan lalu untuk mengizinkan Venezuela menyimpan cadangan makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok lainnya.

Venezuela sedang menghadapi kekurangan pasokan parah akibat krisis ekonomi yang dipicu oleh merosotnya harga minyak, ekspor utama negara itu, demikian menurut warta kantor berita AFP.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016