Rio de Janeiro (ANTARA News) - Monica Puig menaklukkan Angelique Kerber dengan skor 6-4, 4-6, 6-1 pada final tenis putri pada Sabtu, untuk memberikan medali emas pertama di Olimpiade kepada Puerto Riko.

Puig, petenis peringkat 34 dunia, menundukkan petenis peringkat kedua asal Jerman Kerber, yang merupakan juara Australia Terbuka melepaskan pukulan kemenangan dari seluruh penjuru lapangan dengan sokongan yel-yel "Si, se puede" (Ya, Anda bisa) dari para penonton yang bersemangat.

Petenis 22 tahun itu tertunduk dan mencium lapangan setelah memastikan kemenangan, ketika para penggemar mengibarkan bendera-bendera Puerto Riko dan berteriak "Monica, Monica, Monica."

Puerto Riko merupakan negara teritorial AS dan belum pernah ada atlet putri dari pulau Karibia itu yang pernah memenangi medali Olimpiade di bawah bendera mereka.

Gigi Fernandez, lahir di Puerto Riko, memenangi dua medali emas Olimpiade dengan mewakili AS.

Puig juga menjadi petenis non unggulan pertama yang memenangi turnamen putri kategori tunggal. Ini merupakan medali Olimpiade kesembilan bagi Puerto Riko, di mana sebagian besar raihan medali mereka didapat dari cabang olahraga tinju. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016